Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal III/2021, Lima Bendungan PUPR Akan Impounding

Mayoritas penyelesaian konstruksi bendungan pada kuartal III/2021 berada di luar Pulau Jawa.
Bendungan Tapin, salah satu bendungan yang pengerjaannya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero). /Istimewa
Bendungan Tapin, salah satu bendungan yang pengerjaannya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero). /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan pengisian air atau impounding di lima bandungan pada kuartal III/2021.

Direktur Bendungan dan Danau Kementerian PUPR Airlangga Mardjono mengatakan kelima bendungan tersebut adalah Bendungan Kuningan, Bendungan Paseloreng, Bendungan Way Sekampung, Bendungan Bintang Bano, dan Bendungan Bendo. Dengan kata lain, mayoritas penyelesaian konstruksi bendungan pada kuartal III/2021 berada di luar Pulau Jawa.

"Semua impounding sesuai dengan pedoman. Itu dilakukan normatif semua seperti tahun tahun sebelumnya, mulai dari persiapan sampai pleno semuanya standar," katanya kepada Bisnis, Selasa (3/8/2021).

Seperti diketahui, kapasitas tampung Bendungan Kuningan adalah 25,96 juta meter kubik dengan luas genangan 221,59 hektare. Nilai pembangunan bendungan ini naik karena inflasi menjadi Rp510 miliar dari sekitar Rp491,42 miliar. sedangkan kontraktor yang bertugas adalah PT Wijaya Karya-PT Brantas Abipraya (KSO/kerja sama operasi).

Bendungan Paselloreng belum diresmikan sampai saat ini walau konstruksinya telah rampung pada Desember 2020. Bendungan yang dibangun sejak 2015 tersebut telah menelan anggaran sekitar Rp753,4 miliar dan memiliki kapasitas tampung 138 juta meter kubik.

Sementara itu, Bendungan Way Sekampung menyerap investasi hingga Rp2,07 triliun tersebut memiliki kapasitas tampung sekitar 68,06 juta meter kubik. Adapun, konstruksi Bendungan Way Sekampung dibagi menjadi empat paket pekerjaan dengan kontraktor masing-masing paket satu dikerjakan oleh kontraktor PT. PP-PT. Ashfri (KSO), paket dua oleh PT. Waskita Karya - PT. Adhi Karya (KSO), paket tiga PT. PP-PT. Ashfri (KSO), dan paket empat PT. Waskita Karya.

Adapun, Bendungan Bintang Bano akan mendapatkan air baku dengan membendung aliran Sungai Brang Rea. Adapun, kapasitas tampung Bendungan Bintang Bano direncanakan mencapai 65,84 juta meter kubik dan luas genangan 277,52 hektar.

Bendungan Bendo berkapasitas tampung 43,11 juta meter kubik yang akan dimanfaatkan untuk peningkatan layanan irigasi seluas 7.800 hektare di Kabupaten Ponorogo dan Madiun sebagai sentra pertanian Jawa timur. Selain sebagai layanan irigasi, manfaat lain Bendungan Bendo adalah sumber air baku sebesar 370 liter/detik, reduksi banjir dan pembangkit tenaga listrik sebesar 1,56 MW.

Seperti diberitakan Bisnis, sekitar 9 unit bendungan telah dimanfaatkan air bakunya untuk keperluan irigasi. Beberapa bendungan yang telah tersambung dengan saluran irigasi adalah Bendungan Jatigede, Kuningan, Tapin, dan Paserolleng.

Sebelumnya, Direktur Irigasi dan Rawa Suparji mengatakan pihaknya telah menetapkan 61 bendungan prioritas untuk disambungkan dengan jaringan irigasi. Menurutnya, sekitar 50 persen dari bendungan tersebut telah dapat dimanfaatkan untuk penggunaan irigasi.

Suparji menyampaikan, sebagian bendungan baru nantinya akan terhubung dengan irigasi premium. Irigasi premium adalah irigasi yang akan dilengkapi dengan teknologi yang terpasang internet of things (IoT).

Hal itu, kata Suparji, membuat beberapa lahan yang dekat dengan bendungan baru akan terjamin ketersediaan air untuk irigasi. Selain itu, indeks pertanaman (IP) lahan yang dimaksud juga akan meningkat hingga 200 indeks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper