Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jenis Bisnis Properti Ini Bakal Berkembang di Sepanjang Tol Sumatra

Progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang makin mendekati penyelesaian diprediksi menumbuhkan bisnis properti di sepanjang jalurnya, bahkan di setiap ruas jalan pendukungnya.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  13:28 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung./Antara - Ardiansyah
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung./Antara - Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) akan mendorong pengembangan properti di sepanjang jalur infrastruktur tersebut, sebagaimana yang terjadi di Jabodetabek.

Menurut hasil riset Colliers Indonesia yang dirilis pada Selasa (15/6/2021), seperti juga di Jawa, Colliers melihat bisnis properti akan bertumbuhan di sepanjang JTTS.

“Pembukaan tol Trans Sumatra diproyeksikan juga akan memicu pertumbuhan pembangunan properti di sepanjang ruas tersebut, terutama perumahan dan kawasan industri,” demikian riset Colliers.

Pemerintah menargetkan penyelesaian 14 ruas jalan tol hingga akhir tahun ini termasuk JTTS dan sejumlah lainnya di Jabodetabek.

Bahkan, menurut Colliers, pertumbuhan properti bukan hanya terjadi di sepanjang JTTS, melainkan juga di setiap ruas jalan pendukungnya.

Dengan selesainya pembangunan JTTS, lanjutnya, perputaran ekonomi akan lebih cepat dan besar, terutama terkait dengan ekspor dan impor serta nilai investasi kawasan industri yang besar.

Untuk sektor pariwisata diharapkan terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pengunjung, sedangkan di sektor perumahan diharapkan kebutuhan akan semakin terpenuhi, dan angka transaksi menjadi positif.

Jalan tol juga harus memudahkan akses ke properti serta tujuan wisata yang unik dan beragam di seluruh pulau. Oleh karena itu, sektor pariwisata dan perhotelan juga akan tumbuh sejalan dengan beroperasinya jalan tol ini.

“Selanjutnya, pertumbuhan sektor industri dan perhotelan akan menjadi daya tarik bagi pengembangan perumahan, komersial dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk fasilitas pendidikan serta kesehatan,” ungkap Colliers.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti jalan tol trans sumatra
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top