Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ALI: SNI Palet Umum Penting untuk Logistik Indonesia

SNI palet umum dinilai penting bagi kegiatan logistik di Indonesia karena menciptakan standardisasi dan efisiensi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  14:49 WIB
Penggunaan palet kayu pada stok beras di gudang Bulog di Jakarta, Rabu (2/9/2020). Bisnis - Nurul Hidayat
Penggunaan palet kayu pada stok beras di gudang Bulog di Jakarta, Rabu (2/9/2020). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) mengaku berterima kasih kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang telah mengeluarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk palet umum.

Dewan Pembina ALI Zaldi Ilham Masita mengatakan salah satu pre-kondisi digitalisasi logistik adalah standarisasi. Menurutnya, SNI palet ini sangat membantu proses logistik di Indonesia agar berjalan lebih efisien.

"SNI Palet Indonesia akhirnya keluar juga, sangat penting untuk logistik Indonesia. Terima kasih kepada Kemendag dan BSN yang telah mengeluarkan SNI untuk palet umum ini," katanya kepada Bisnis.com, Senin (17/5/2021).

Dia menilai, dengan adanya standarisasi palet, maka akan membantu proses logistik yang lebih efisien dan juga akan memicu standarisasi-standarisasi berikutnya seperti racking, box truk, material handling dan lainnya.

"Walaupun negara-negara lain sudah lebih dulu melakukan standarisasi palet sejak puluhan tahun lalu, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kemendag dan BSN telah mengeluarkan SNI dengan No. 165/KEP/BSN/5/2021 tentang Penetapan Standar Nasional Indonesia 8944:2021 Palet – spesifikasi umum pada 10 Mei 2021.

SNI 8944:2021 dengan judul Palet - spesifikasi umum merupakan SNI baru yang dirumuskan dengan metode pengembangan sendiri. SNI ini disusun dalam rangka membuat palet sebagai sarana yang dapat membantu kelancaran proses logistik bagi pelaku usaha.

Standar ini disusun dengan tujuan untuk menunjang konektivitas dan kelancaran arus barang, menjaga kualitas barang di dalam palet selama proses logistik, membantu pelaku usaha dalam mengelola pasokan barang, memudahkan penyimpanan dan penataan barang, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Standar ini disusun oleh Komite Teknis 03-03 Jasa Bidang Perdagangan, berdasarkan konsep yang telah dirumuskan oleh Tim Perumus, dibahas dalam rapat teknis, dan terakhir disepakati dalam rapat konsensus yang dilaksanakan secara daring pada 19 Agustus 2020 di Jakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik sni
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top