Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pool PPD Ciputat Akan Disulap Jadi Kawasan TOD, Ini Nilai Proyeknya

PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menggadeng Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) untuk mengembangkan kawasan berbasis transportasi massal senilai Rp2 triliun. Adhi akan menyulap pool PPD Transjakarta Ciputat menjadi area properti TOD.
Salah satu proyek Adhi Commuter Properti. /Istimewa
Salah satu proyek Adhi Commuter Properti. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menggadeng Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) untuk mengembangkan kawasan berbasis transportasi massal senilai Rp2 triliun. Adhi akan menyulap pool PPD Transjakarta Ciputat menjadi area properti TOD.

Dalam kerja sama ini, ADCP akan mengembangkan kawasan seluas 52.875 m2 di lahan milik PPD yang berlokasi di Pool Bus Ciputat dengan luas keseluruhan 66.400 m2. Nantinya, di atas lahan tersebut akan dibangunkan apartemen, komersial area, fasilitas umum, dan fasilitas sosial.

Direktur Utama ADCP Rizkan Firman mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk sinergi antar BUMN yang bertujuan mengembangkan pemanfaatan lahan milik PPD.

“Kami (ADCP) konsisten dalam pengembangan kawasan properti berbasis transportasi massal (TOD) seperti LRT dan Commuter Line, dengan brand LRT City dan Adhi City. Dan dalam kesempatan kali ini, kami bersama Perum PPD mengembangkan properti yang juga berbasis transportasi massal, yakni di titik pool PPD Transjakarta Ciputat," ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Senin (19/4/2021).

Di dalam proyek senilai Rp2 triliun ini, rencananya akan dijalankan pembangunan proyek pemukiman, Oase Park - Member of LRT City yang dilengkapi dengan akses transportasi umum yang bertujuan untuk mendapatkan nilai tambah bagi Perum PPD dan ADCP.

Direktur Pengembangan Bisnis ADCP Rozi Sparta menjelaskan bahwa dalam kerja sama tersebut, ADCP memiliki peran aktif dengan melaksanakan seluruh kegiatan operasional proyek mulai dari perizinan, pembangunan, pemasaran, penjualan sampai dengan pengelolaan dan pemeliharaan.

Menurutnya, pengembangan lahan Oase Park ini akan dimulai pada Tower I sejak 2021 hingga 2024 mendatang atau selama kurun waktu sekitar 3 tahun.

“Informasi mengenai detail proyek dan konsep yang akan diusung dalam proses pengembangannya menjadi fokus utama dalam menyambut baik antusiasme masyarakat terhadap proyek ADCP, Oase Park - Member of LRT City, yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan,” tuturnya.

Akses menuju lokasi Oase Park - Member of LRT City sendiri hanya 200 m dari Gerbang Tol Pamulang (Tol Cinere-Serpong ruas Serpong-Pamulang) dan merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menjadi pelengkap struktur jaringan di kawasan Jabodetabek.

Pande Putu Yasa, Direktur Utama Perum PPD, menyambut baik kerja sama yang dilakukan sebagai bentuk sinergi antar BUMN. Pande juga menilai kerja sama tersebut merupakan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Tidak hanya bagi perusahaan, tapi juga akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar.

“Kerja sama ini tentunya memberikan nilai tambah baik bagi ADCP maupun bagi PPD. Kami menyambut baik kerja sama ini karena bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik dari aspek operasional, aspek keuangan, maupun manfaat. Tidak hanya bagi perusahaan, pemberdayaan lahan ini juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Pande

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper