Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pandemi Covid, Transaksi Unit Century 21 Malah Tumbuh 20 Persen

Transaksi unit properti yang ditangani oleh Century 21 sepanjang tahun lalu yang merupakan masa pandemi Covid-19 ternyata malah tumbuh sekitar 20 persen dibandingkan dengan 2019.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 18 Maret 2021  |  16:26 WIB
Ilustrasi proyek pembangunan perumahan untuk segmen pasar menengah atas./Antara - Aditya Pradana Putra
Ilustrasi proyek pembangunan perumahan untuk segmen pasar menengah atas./Antara - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 menghntam banyak sektor bisnis termasuk properti. Namun, ternyata hal itu tidak berlaku bagi perusahaan jasa agen properti Century 21 Indonesia.

Daniel Handojo, Executive Director Century 21 Indonesia, mengemukakan bahwa dari sisi unit, transaksi anak perusahaan Ciputra Group itu sepanjang 2020 tumbuh sekitar 20 persen dibandingkan dengan 2019.

“Yang mengejutkan, ada kenaikan 30 persen pada Januari 2021 dibandingkan dengan Januari 2020 sebelum pandemi Covid-19,” ungkapnya di Jakarta pada Kamis (18/3/2021).

Daniel mengemukakan hal itu di sela-sela kegiatan ONE21 2021 Annual Awards and Recognitions Century 21 Indonesia, yakni ajang pemberian apresiasi bagi member broker dan marketing associates anak perusahaan Grup Ciputra tersebut.

Dia menambahkan sekitar 70 persen transaksi Century 21 Indonesia dihasilkan dari pasar sekunder. “Selain karena banyak owner yang BU [butuh uang], momentum terkoreksinya harga properti ini juga dimanfaatkan oleh para investor,” kata Daniel.

Menurut Daniel, sebenarnya pada Juli–Desember 2020 kinerja bisnis properti, khususnya di pasar sekunder sudah mulai memasuki masa pemulihan setelah pada April–Juli sempat anjlok 90 persen.

Dia mengemukakan untuk tahun ini, kinerja bisnis properti akan terkerek dengan stimulus pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan kebijakan kredit properti tanpa uang muka atau down payment 0 persen.

“Rangkaian insentif itu berdampak positif terhadap pasar properti, terutama bagi profesi pemasar properti,” ungkap Daniel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti ciputra group century 21 broker properti
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top