Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebagian Developer Mengaku Mulai Merasakan Dampak Insentif Properti

Apernas Jaya mengaku telah mulai merasakan dampak positif dari insentif bisnis properti berupa uang muka KPR 0 persen dan pemangkasan PPN.
Ilustrasi perumahan./Bisnis.com
Ilustrasi perumahan./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Stimulus kebijakan yang diberikan pemerintah yakni DP 0 persen serta insentif PPN dinilai telah berdampak.

Ketua Umum DPP Aliansi Pengembang Perumahan Nasional (Apernas) Jaya Andre Bangsawan mengatakan kebijakan DP 0 persen yang diberikan oleh Bank Indonesia saat ini mulai berdampak pada penjualan rumah tapak. Namun, pihaknya tak memerinci seberapa besar kenaikan pembelian dari adanya stimulus ini.

"Alhamdulillah mulai berdampak, mulai ada peningkatan pembelian rumah tapak," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (9/3/2021).

Menurutnya, meskipun pemberian KPR oleh bank masih diterapkan secara selektif, hal itu tidak memberikan kesulitan ke pengembang selama pensyaratannya dipenuhi oleh para pembeli.

Andre juga menilai insentif pembebasan PPN juga diyakini akan berdampak pada bisnis properti. Pasalnya, kebijakan ini akan membuat terserapnya rumah ready stock yang ada sehingga berdampak positif bagi peputaran keuangan.

Managing Director Strategic Business & Service Sinarmas Land Alim Gunadi menuturkan untuk stimulus DP 0 persen menjadi kewenangan dari perbankan dalam memutuskan pemberian KPR.

Terkait dengan insentif PPN sendiri sangat direspons positif oleh perusahaan. Insentif ini pun dimasukkan ke dalam program nasional Sinar Mas Land Wish for Home.

Direktur PT Ciputra Development Tbk Harun Hajadi berpendapat kebijakan DP 0 persen dan stimulus PPN ini tentu berdampak pada peningkatan pembelian properti. "Pasti berdampak pada antusias konsumen. Seberapa besar, belum tahu karena masih berjalan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper