Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produksi Sumur JAS-022 Pertamina EP Lampaui Target

Berdasarkan hasil uji produksi, kata Wisnu, sumur yang masuk ke dalam struktur Jatiasri (JAS) Subang Field ini mencatat produksi minyak sebesar 783 bph dan gas 5,28 MMScfd.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  08:59 WIB
Ilustrasi: Petugas memeriksa pengoperasian Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). -  ANTARA / M Ibnu Chazar
Ilustrasi: Petugas memeriksa pengoperasian Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / M Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina EP Asset 3 melaporkan bahwa kinerja produksi pengeboran sumur JAS-022 telah melampaui target setelah dilakukan kegiatan penajakan pada 31 Desember 2020.

Asset 3 General Manager PT Pertamina EP Wisnu Hindadari menjelaskan bahwa sumur JAS-022 berhasil ditajak dengan capaian produksi hingga melampaui target pengeboran mencapai yaitu minyak 267 persen dan gas 160 persen.

“Keberhasilan ini menyusul keberhasilan PEP Asset 3 sebelumnya pada sumur ABG-008 yang berada di Kabupten Indramayu dengan produksi sebesar 1.580 bopd [barrel oil per day]," katanya seperti dikutip melalui keterangan resminya, Rabu (24/2/2021).

Berdasarkan hasil uji produksi, kata Wisnu, sumur yang masuk ke dalam struktur Jatiasri (JAS) Subang Field ini mencatat produksi minyak sebesar 783 barel per hari (bph) dan gas sebanyak 5,28 juta standar kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMScfd). Adapun target awal sumur JAS-022 adalah sebesar 293 bph dan 3,29 MMscfd.

Lebih lanjut, Wisnu memaparkan bahwa sumur JAS-022 merupakan kegiatan pengeboran sumur pengembangan di PEP Asset 3 berlokasi di Desa Mundusari, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang. Kegiatan pengeboran JAS-022 merupakan bagian rencana kerja pengeboran PEP Asset 3 pada 2021 yang berjumlah sebanyak 28 sumur pengembangan, 143 well intervention, dan 12 workover.

Struktur JAS merupakan backbone bagi PEP Asset 3. Setelah kegiatan pengeboran tim PEP Asset 3 berakhir, sumur ini akan diserahterimakan ke lapangan Subang. Adapun produksi dari PEP Asset 3 saat ini secara year to date hingga Senin (22/02/21) adalah sebesar 12.733 bph dan gas sejumlah 262,3 MMscfd.

Field Manager PEP Subang, Djudjuwanto menuturkan bahwa PEP Asset 3 Subang Field merupakan anak usaha dari PT Pertamina (Persero) sekaligus sebagai kontraktor kontrak kerja sama dari SKK Migas, memiliki wilayah kerja utama yang secara administrasi meliputi Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang.

Adapun, hasil dari produksi migas di lapangan tersebut sepenuhnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan migas di dalam negeri.

“Untuk produksi minyak kami dialirkan seluruhnya menuju Refinery Unit VI Balongan. Sementara untuk produksi gas dari wilayah PEP Asset 3 Subang Field disalurkan untuk memasok kelistrikan di Pulau Jawa dan juga pemenuhan kebutuhan industri di wilayah Subang dan Karawang,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina produksi migas
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top