Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Targetkan GeNose Ada di 20 Kota Pekan Ini

Menhub Budi Karya menargetkan GeNose ada di 20 kota pada pekan ini, sebagai salah satu syarat bepergian menggunakan kereta api jarak jauh.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  14:12 WIB
Hasil pemeriksaan Genose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.  - KAI
Hasil pemeriksaan Genose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan. - KAI

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berharap layanan GeNose C19 dapat terintegrasi di 20 kota dalam pekan ini. Sebelumnya, layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan karya anak bangsa ini telah diterapkan di delapan stasiun yang ada di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau pelayanan GeNose C19 di Stasiun Kereta Api Bandung.

“Saya harap dalam kurun waktu seminggu ini, pelayanan GeNose sudah ada di 20 kota lainnya dan bertambah lagi ke 44 kota lainnya dalam waktu kurang dari satu bulan,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (19/2/2021).

Menhub Budi menjelaskan, penerapan GeNose C19 di Stasiun KA Bandung merupakan salah satu syarat bepergian menggunakan kereta api jarak jauh dan sudah diterapkan sejak 15 Februari 2021.

"Ini adalah tahap kedua GeNose kita lakukan. Tahap pertama yaitu di Jakarta dan Yogyakarta dan sekarang ada penambahan di 5 kota lagi yaitu Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo,” tuturnya.

Terkait penerapan layanan GeNose C19 di stasiun, Budi mengapreasiasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang sudah melakukan sejumlah perbaikan pelayanan dengan menyediakan bilik penyekatan bagi para calon penumpang yang melakukan tes GeNose agar tidak berdekatan satu dengan yang lain, seperti yang disarankan oleh para ahli epidemiologi.

Tak lupa, dirinya juga mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk menggunakan GeNose C19. Pasalnya, sejak 15 Februari 2021 sampai dengan hari ini, penumpang kereta api yang melakukan tes screening GeNose C19 di Stasiun Bandung sudah mencapai 1.514 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top