Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Melamar Kerja Tahun Ini? Ini Posisi yang Paling Dicari

Perusahaan pada tahun ini akan mencari kandidat dengan keahlian teknis yang kuat di bidang teknologi, digital, dan e-commerce.
Ilustrasi karyawan saat jam sibuk di Paris, Prancis./Bloomberg
Ilustrasi karyawan saat jam sibuk di Paris, Prancis./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Meski aktivitas perekrutan akan berjalan konservatif pada tahun ini, perusahaan perekrutan global Robert Walters memprediksi sejumlah posisi masih dicari. 

Berdasarkan laporan Survei Gaji Robert Walters, dikutip Senin (15/2/2021), perusahaan pada tahun ini akan mencari kandidat dengan keahlian teknis yang kuat di bidang teknologi, digital, dan e-commerce.

Para profesional dengan keterampilan seperti kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, pengalaman menangani pelanggan, classic coding, dan pengembangan akan dibutuhkan. 

Pada tahapan yang lebih luas, profesional tingkat menengah hingga senior akan tetap menarik bagi perusahaan, terutama mereka yang telah terbukti mampu mendorong transformasi bisnis. Para pencari kerja dengan keahlian khusus ini dapat mengharapkan kenaikan gaji yang relatif lebih tinggi hingga 35 persen.

Berikut ini adalah sejumlah peluang pada posisi yang diidentifikasi dalam laporan tersebut:

- Akuntansi & Keuangan

Hingga ada kejelasan yang lebih baik tentang situasi global Covid-19, pasar perekrutan akan terus konservatif pada tahun ini.

Namun, aktivitas perekrutan di e-commerce dan teknologi akan terus aktif karena ada pertumbuhan di sektor-sektor ini. Kandidat dengan pengalaman digital akan sangat dicari.

Untuk perusahaan yang sudah ada, perekrutan baru sebagian besar dilakukan untuk menggantikan staf saat ini dengan kandidat yang lebih gesit dan dekat dengan transformasi digital. Meski begitu, penggantian sebagian besar akan ditunda karena inisiatif penghematan biaya.

- Perbankan & Layanan Keuangan

Lembaga keuangan relatif terlindungi dengan baik pada tahun 2020, khususnya, perusahaan asuransi yang mengalami peningkatan dalam bisnis.

Melihat bisnis Fintech yang berkembang selama pandemi, perusahaan pada 2021 akan terus merekrut personel yang dapat mengemban tugas pekerjaan risiko, compliance, dan audit agar selaras dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, permintaan akan kandidat yang sangat terampil di sektor ini akan melebihi pasokan.

- Sumber Daya Manusia (HRD)

SDM memainkan peran penting dalam kelangsungan dan efisiensi bisnis selama pandemi. Perusahaan membutuhkan generalis SDM yang mampu multitasking di beberapa bidang, termasuk kreatif dalam menyediakan wadah kesempatan belajar serta menjaga kesejahteraan karyawan.

Hukum

Saat ini, industri hukum kelebihan pasokan kandidat karena adanya PHK dan beberapa perusahaan yang menutup bisnis mereka pada tahun 2020.

Telah terjadi peningkatan permintaan pada industri teknologi, e-commerce, dan manufaktur pada tahap awal pandemi. Peran pengacara hubungan industrial dan litegasi juga sangat diminati untuk mendukung perusahaan yang melakukan pelatihan redundansi pada 2020 dan mungkin tetap diminati pada 2021.

- Penjualan & Pemasaran

Tahun lalu merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perusahaan B2C (business to consumer). Sebagian besar perusahaan FMCG menerapkan pembekuan perekrutan dan perusahaan ritel mengurangi gaji karyawan, dan dalam beberapa kasus, mengumumkan pemberhentian.

Peran digital dan e-commerce sangat diminati karena perusahaan beralih dari model offline ke strategi online untuk menjual produk mereka. Sebagian besar perusahaan akan bersikap pragmatis dan melanjutkan perekrutan, bergantung pada kinerja bisnis mereka pada 2021. 

Sementara itu, perusahaan B2B di industri komoditas, bahan kimia, dan pengemasan tidak terlalu terpengaruh. Aktivitas rekrutmen tetap lancar karena tingkat interaksi manusia berkurang dalam bisnis ini.

Di sisi lain, pertambangan, minyak dan gas, serta pelumas termasuk industri yang paling terpengaruh. Sebaliknya, industri logistik dalam e-commerce adalah satu-satunya segmen dengan pasar perekrutan yang dinamis selama tahun lalu.

- Rantai Pasokan & Pengadaan

Pasar perekrutan melambat pada 2020 karena banyak perusahaan mengambil pendekatan konservatif yakni menangguhkan rencana perekrutan dan tidak mengganti karyawan yang keluar. Beberapa karyawan mengambil tanggung jawab ganda dan tren ini diperkirakan akan berlanjut hingga akhir kuartal pertama atau kedua tahun ini.

- Teknologi & Transformasi

Beberapa perusahaan perlu memangkas biaya agar tetap kompetitif selama permulaan pandemi dan akan terus melakukannya, atau bahkan mengubah model bisnis mereka secara keseluruhan.

Ada pertumbuhan berkelanjutan untuk perusahaan start-up lokal yang selektif, khususnya pasar online, asuransi, dan kesehatan karena meningkatnya permintaan akan layanan mereka.

Selain itu, kandidat dengan latar belakang yang kuat di produk dan analisa sangat diminati, begitu pula dengan teknisi back-end dan front-end. Perusahaan start-up besar akan mulai memindahkan layanan mereka ke cloud sehingga mengakibatkan adanya peningkatan permintaan terhadap kandidat keamanan siber yang terlatih.

Permintaan akan kandidat yang sangat terampil di bidang teknologi, transformasi, dan digital terus melebihi pasokan pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper