Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Robert Walters 2021: 4 Industri Ini Bakal Terus Rekrut SDM di RI

Pandemi berdampak besar terhadap pasar perekrutan lintas sektor Indonesia sehingga sejumlah perusahaan terpaksa merumahkan atau melakukan efisiensi tenaga kerja.
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (9/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (9/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan perekrutan profesional Robert Walters memproyeksikan aktivitas perekrutan tetap konservatif di Indonesia pada 2021 dengan kenaikan gaji secara umum di bawah  20 persen. 

Pasalnya, pandemi berdampak besar terhadap pasar perekrutan lintas sektor Indonesia. Sebagian besar perusahaan harus mengambil langkah-langkah pemotongan biaya, terutama dalam rencana perekrutan karena kurangnya visibilitas yang menyeluruh mengenai kinerja bisnis masa depan.

Empat bidang utama yang mengalami pertumbuhan pada tahun lalu, yakni kesehatan, e-commerce, logistik, dan teknologi, diprediksi melanjutkan aktivitas perekrutan pada 2021.

Sektor e-commerce dan logistik khususnya mempunyai performa yang baik karena banyak pelanggan yang beralih dari mengonsumsi barang melalui toko fisik ke toko online. Perusahaan fintech turut melihat adanya lonjakan bisnis karena banyak konsumen yang membayar melalui dompet digital.

“Kami berharap 2 tren utama akan menonjol di Indonesia pada tahun 2021. Pertama, perusahaan bersiap untuk mempercepat proses transformasi digital mereka; dan kedua, para tim kerja harus berbuat lebih banyak meskipun ada pengurangan anggota di dalamnya,” kata Country Manager Indonesia Robert Walters Eric Mary, dikutip dari keterangan resminya, Senin (15/2/2021).

Menurutnya, kebutuhan transformasi digital perusahaan akan membutuhkan seorang profesional yang mahir di dunia teknologi dan digital.

Selain itu, Robert Walters dalam laporannya berjudul Survei Gaji 2021 ini melihat adanya perekrutan profesional yang ditargetkan kepada beberapa fungsi seperti sumber daya manusia (SDM) dan keuangan karena beberapa perusahaan merestrukturisasi dan meningkatkan keterampilan karyawan mereka agar sesuai dengan iklim digital yang baru.

Survei Gaji Robert Walters mengidentifikasi perusahaan pada 2021 akan mencari kandidat dengan keahlian teknis yang kuat di bidang teknologi, digital, dan e-commerce. Para profesional dengan keterampilan seperti kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, pengalaman menangani pelanggan, classic coding, dan pengembangan akan dibutuhkan.

Pada tahapan yang lebih luas, profesional tingkat menengah hingga senior akan tetap menarik bagi perusahaan, terutama mereka yang telah terbukti mampu mendorong transformasi bisnis. Para pencari kerja dengan keahlian khusus ini dapat mengharapkan kenaikan gaji yang relatif lebih tinggi hingga 35 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper