Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KSSK Punya 5 Jurus Kebijakan Pemulihan Ekonomi, Ini Rinciannya

Prospek pemulihan ekonomi di tengah pandemi akan memerlukan dukungan kebijakan baik untuk akselerasi pemulihan maupun yang sifatnya memperbaiki struktural.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  18:42 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan s3cara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan s3cara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Sri Mulyani mengatakan bahwa prospek pemulihan ekonomi sangat dipengaruhi oleh perkembangan Covid-19 dan vaksinasinya. Tentu disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan juga sangat mendukung pengendalian penyebaran.

“Dengan demkian, protokol kesehatan dan kemampuan dalam mengendalikan Covid-19 serta susksesnya vaksinasi akan menjadi persyaratan yang perlu bagi pulihnya proses pemulihan secara berkelanjutan,” katanya melalui konferensi pers virtual, Senin (1/2/2021).

Sri Mulyani, yang juga Menteri Keuangan, menjelaskan bahwa selain tiga hal tersebut, KSSK juga mempunyai lima langkah kebijakan dalam prospek dan tren pemulihan ekonomi.

Pertama pembukaan sektor-sektor produktif dan aman secara nasional maupun di masing-masing daerah,” jelasnya.

Kedua adalah percepatan realisasi kebijakan fiskal terutama dalam hal belanja negara. Ketiga, peningkatan dan pertumbuhan kredit perbankan dari sisi permintaan maupun penawaran.

Keempat keberlanjutan stimulus moneter dan makro prudensial. Kelima, percepatan digitalisasi dan keuangan khususnya terkait dengan perkembangan UMKM,” ucapnya.

Sri Mulyani menuturkan bahwa prospek pemulihan ekonomi di tengah pandemi akan memerlukan dukungan kebijakan baik untuk akselerasi pemulihan maupun yang sifatnya memperbaiki struktural.

“Ini tercermin dari pelaksanaan Undang-Undang Cipta Kerja. Dengan demikian akan tercipta sumber pertumbuhan baru dan mengakselerasi pertumbuan yang ada,” terangnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani kssk pemulihan ekonomi
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top