Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Batal! Realisasi Holding BUMN Pariwisata Tahun Ini

Holding pariwisata dikabarkan batal terlaksana pada tahun ini karena ada beberapa hal yang perlu difinalisasi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  14:18 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam penandatanganan kerja sama operasional RS BUMN Tahap III Pertamedika IHC dan kerja sama dengan RSUI, Rabu (16/12/2020). - Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam penandatanganan kerja sama operasional RS BUMN Tahap III Pertamedika IHC dan kerja sama dengan RSUI, Rabu (16/12/2020). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Realisasi holding BUMN pariwisata dan pendukung akan direalisasikan pada tahun depan menyesuaikan dengan selesainya Peraturan Pemerintah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pada mulanya PP terkait dengan holding ini diharapkan bisa rampung pada tahun ini. Namun ternyata memang payung hukum tersebut tak bisa dirampungkan pada tahun ini. Hal itu dikarenakan terdapat sejumlah hal yang masih difinalisasikan dan untuk memastikan tidak adanya isu persaingan usaha dengan terbentuknya holding ini.

“PP nya belum selesai tidak jadi tahun ini. Jadi diharapkan pada 2021 akan selesai. Kami mendukung inisiatif kementerian bumn dengan ini kami berharap sinergi dengan garuda tapi kami pastikan ini juga tidak melanggar prinsip persaingan usaha,” ujarnya, Selasa (29/12/2020).

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kondisi pariwisata tengah dihadapkan kepada persoalan pandemi dan persaingan pariwisata. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan untuk eksplorasi kerja sama dengan sejumlah pihak.

“Mengenai aksesibilitas kami sudah menyiapkan bandara seaport ada Garuda dan Lion Air untuk optimalisasi rute dan frekuensi termasuk pengenalan produk untuk meningkatkan gairah pariwisata," urainya.

Erick pun menjabarkan dalam kondisi saat ini penyebaran lalu lintas domestik belum merata dan rute internasional masih bersifat destinasi akhir bukan sebagai hub. Dia mengharapkan rute internasional ini pun dapat menjadi hub Erick menjelaskan pembentukan holding yang sudah dibahas dalam rapat terbatas bersama Presiden RI Joko Widodo serta para menteri juga hadir dan sudah disetujui.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata BUMN
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top