Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Tuntaskan Digitalisasi SPBU

Pertamina menyatakan digitalisasi SPBU untuk memperkuat perseroan dalam menjalankan penugasan pemerintah mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  19:05 WIB
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menuntaskan program digitalisasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di 5.518 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun, penerapan digitalisasi di SPBU itu diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif secara virtual pada Selasa (29/12/2020).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa program digitalisasi merupakan salah solusi dan jaminan untuk menjawab tantangan era digital agar penyaluran dan pelayan BBM bisa lebih efektif.

"Perkembangan digital harus diimplementasikan, salah satunya dengan melakukan digitalisasi agar penyaluran BBM lebih efektif dan menjamin subsidi agar tepat sasaran,” dalam keterangan resminya, Selasa (29/12/2020).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan digitalisasi SPBU untuk memperkuat Pertamina dalam menjalankan penugasan pemerintah mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri.

Dia menjelaskan, dari seluruh aset yang dimiliki Pertamina, terdapat 5.518 SPBU yang telah terdigitalisasi dan terintegrasi sehingga mulai hari ini dapat memonitor seluruh transaksi dan stok level secara real time. Menurut Nicke, di era digital, kualitas data dan informasi adalah the new oil alias sumber daya yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Transformasi digital SPBU memberikan beberapa keunggulan yang memastikan kualitas data dan informasi tersebut untuk mendukung kehandalan suplai sekaligus peningkatan layanan bagi masyarakat.

“Program ini adalah sebuah babak baru Pertamina dalam menyongsong transformasi bisnis ke depan. Kami juga akan lanjutkan digitalisasi ke kilang, kapal, dan hulu. Dengan demikian seluruh program digitalisasi akan mencakup seluruh aktivitas dari hulu ke hilir," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina spbu
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top