Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan 2 SPBU di Tol-Trans Jawa Ini Meningkat Selama Libur Natal

Konsumsi BBM di tol Trans-Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax, khususnya untuk BBM jenis bensin.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  16:56 WIB
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara - Oky Lukmansyah
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara - Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) mencatat adanya kenaikan konsumsi bahan bakar minyak selama periode libur Natal di jalan tol Trans-Jawa.

Pejabat Sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Marthia Mulia Asri memaparkan bahwa kenaikan konsumsi tertinggi pada 23 Desember—25 Desember 2020 dengan konsumsi tertinggi mencapai 636 kiloliter (kl) per hari. Konsumsi tertinggi terdapat di dua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) rest area tol arah Surabaya, yaitu KM 379 A dan KM 429 A.

“Konsumsi BBM di SPBU KM 379 A mencapai 192 kl per hari, di mana angka tersebut meningkat lebih dari 400 persen dari angka pada awal bulan Desember hanya 40 kl per hari. Peningkatan yang sama juga terjadi di KM 429 A, dari semula 50 kl per hari menjadi 212 kl per hari atau lebih 400 persen,” jelasnya melalui siaran pers, Senin (28/12/2020).

Marthia menerangkan bahwa peningkatan konsumsi BBM di tol Trans-Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax, khususnya untuk BBM jenis bensin.

Dia menjelaskan bahwa konsumsi Pertamax Turbo meningkat hingga 80 persen dari 9 kl per hari pada November menjadi 16 kl per hari, sedangkan Pertamax meningkat 51 persen dari konsumsi sebelumnya sebesar 44 kl per hari menjadi 67 kl per hari.

Peningkatan konsumsi Pertamax Series juga diikuti dengan peningkatan konsumsi BBM berkualitas jenis gasoil, yaitu Pertamina Dex dan Dexlite.

“Pertamina Dex meningkat sebesar 119 persen dari semula 12 kl per hari menjadi 27 kl per hari, sedangkan Dexlite meningkat sebesar 71 persen dari 6 kl per hari menjadi 11 kl per hari,” jelasnya.

Marthia menambahkan bahwa peningkatan konsumsi BBM dengan oktan tinggi turut terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Peningkatan konsumsi tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan konsumsi sebelum pandemi Covid-19 yakni pada Januari—Februari 2020.

Untuk jenis bensin, Pertamax Turbo meningkat hampir 200 persen dari konsumsi Januari—Februari sebanyak 56 kl per hari, menjadi 166 kl per hari. Produk Pertamax juga meningkat hingga 15 persen dari sebelumnya 2.517 kl per hari, naik menjadi 2.916 kl per hari.

Sementara itu, BBM jenis gasoil, peningkatan juga dialami produk Pertamina Dex dan Dexlite. Pertamina Dex meningkat sekitar 80 persen dari 66 kl per hari mencapai 123 kl per hari. Sementara itu, Dexlite meningkat 25 persen dari 104 kl per hari menjadi 130 kl per hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spbu natal trans-jawa
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top