Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Industri Pelabuhan RI, Nokia Jadi Mitra Pelindo IV

Nokia telah menerapkan solusi untuk maritim yang mencakup jaringan nirkabel pribadi di pelabuhan Antwerp dan Zeebrugge di Belgia serta Hamina Kotka dan Oulu di Finlandia.
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Nokia mengumumkan solusi jaringan IP / MPLS miliknya telah dipilih dan digunakan oleh Terminal Petikemas Makassar Pelindo IV.

Solusi jaringan milik Nokia itu akan menyediakan konektivitas nirkabel LTE untuk sistem pemantauan crane secara real-time.

Nokia, dengan mitranya Kurnia Energy Engineering (KEE), telah menggunakan 7705 Service Aggregation Router - Hm, yang memperluas layanan IP / MPLS melalui jaringan seluler di semua crane di Terminal Petikemas Makasar (TPM).

General Manager Terminal Petikemas Makassar Pelindo IV Josef Benny Rohy mengatakan dengan kemampuan jaringan ini, TPM Pelindo 4 saat ini dapat memantau secara real time langsung dari Ruang Kontrol terhadap aset container crane dan rubber tire gantry crane sehingga mampu meningkatkan efisiensi dalam hal operasional dan keselamatan kerja.

Selain itu, keunggulan ini juga menciptakan peluang pada penggunaan lainnya, termasuk pemantauan truk, polutan air, dan identifikasi kontainer.

"Solusi holistik Nokia membantu kami mendapatkan visibilitas yang lebih baik tentang sistem pemantauan crane melalui streaming data real-time 24/7. Kami percaya melalui kolaborasi dengan Nokia akan membuka jalan bagi pengembangan bisnis baru di bidang pengelolaan aset," ujarnya, Rabu (9/12/2020).

Direktur Kurnia Energy Engineering Erwin Kurniawan mengatakan kemitraan dengan Nokia memungkinkan pihaknya memenuhi persyaratan khusus dari Pelindo IV untuk melakukan digitalisasi operasi pelabuhan di Terminal Petikemas Makassar.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi dari operasional melalui solusi yang akan membuka hal-hal yang baru di dalam konektivitas dan otomatisasi. Hal ini selanjutnya akan membawa banyak peluang bisnis baru di era transformasi digital," ujarnya.

President Director of Nokia Indonesia KP Goh mengatakan proyek dengan Pelindo IV ini menandai masuknya Nokia untuk pertama kali ke pelabuhan di Indonesia. Untuk mendukung proyek ini, Nokia memberikan solusi yang fleksibel untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan bisnis di industri padat modal.

"Kami bangga bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki pemikiran maju seperti Pelindo 4 yang menggunakan teknologi baru untuk membuat operasi perusahaan menjadi lebih efisien, berkelanjutan, dan aman bagi pekerjanya," katanya.

Nokia telah menerapkan solusi untuk maritim yang mencakup jaringan nirkabel pribadi di pelabuhan Antwerp dan Zeebrugge di Belgia serta Hamina Kotka dan Oulu di Finlandia. Solusi Nokia untuk maritim menyediakan platform yang akan memodernisasi terminal petikemas, pelabuhan, dan operasi pengiriman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper