Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga +62 Optimistis Penghasilan dan Lapangan Kerja Membaik 6 Bulan ke Depan

Peningkatan tersebut terjadi seiring dengan menguatnya ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 Desember 2020  |  14:11 WIB
Warga +62 Optimistis Penghasilan dan Lapangan Kerja Membaik 6 Bulan ke Depan
Karyawan beraktivitas di sebuah gedung perkantoran di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (18/3/2020). - ANTARA FOTO - Wahyu Putro A
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dalam survei konsumen November 2020 melaporkan optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan mendatang terpantau menguat dari bulan sebelumnya.

Tercatat, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada November 2020 sebesar 123,9, meningkat jika dibandingkan dengan IEK pada Oktober 2020 sebesar 106,6.

Peningkatan tersebut terjadi seiring dengan menguatnya ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha.

"Pada November 2020, konsumen memperkirakan adanya peningkatan ekspansi kegiatan usaha secara umum pada 6 bulan ke depan seiring adanya momen Ramadan dan Idulfitri," tulis BI dalam laporannya, Selasa (8/11/2020).

Adapun, Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha pada periode November 2020 tercatat sebesar 122,8, meningkat cukup tinggi dari 99,6 pada bulan sebelumnya.

Kenaikan pun terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan pengeluaran di atas Rp5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, kenaikan terutama terjadi pada responden berusia di atas 60 tahun.

Sejalan dengan itu, ekspektasi konsumen terhadap adanya kenaikan penghasilan pada 6 bulan mendatang juga terpantau menguat. Indeks Ekspektasi Penghasilan pada November 2020 tercatat sebesar 131,2 meningkat dari 118,7 pada bulan sebelumnya.

Kenaikan terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran, terutama responden berpengeluaran Rp2,1-3 juta per bulan.

Responden juga memperkirakan adanya peningkatan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang, tercermin dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja pada November 2020 sebesar 117,7, meningkat dari Oktober 2020 sebesar 101,4.

Berdasarkan tingkat pendidikan, Indeks Ekspektasi Lapangan Kerja terpantau meningkat pada seluruh kategori pendidikan, terutama responden dengan latar belakang pendidikan akademi. Berdasarkan usia, kenaikan terutama terjadi pada responden berusia 41-50 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia lapangan kerja indeks ekspektasi konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top