Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Lanjutkan Proyek Lawe-Lawe

Setelah sempat terganggu dampak pandemi Covid-19, proyek pengembangan fasilitas penunjang kilang minyak di Lawe-Lawe berlanjut kembali dengan fokus menyelesaikan pekerjaan engineering dan melakukan pengadaan material penting.
Proyek Lawe-lawe. Pengembangan fasilitas ini dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan minyak mentah di Indonesia, yang mendorong Pertamina meningkatkan kapasitas penyimpanan yang ada di RDMP RU V - Balikpapan./Hutama Karya
Proyek Lawe-lawe. Pengembangan fasilitas ini dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan minyak mentah di Indonesia, yang mendorong Pertamina meningkatkan kapasitas penyimpanan yang ada di RDMP RU V - Balikpapan./Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah sempat terganggu dampak pandemi Covid-19, proyek pengembangan fasilitas penunjang kilang minyak di Lawe-Lawe berlanjut kembali dengan fokus menyelesaikan pekerjaan engineering dan melakukan pengadaan material penting.

Hingga Oktober 2020, perkembangan pengerjaan salah satu mega proyek Hutama Karya ini adalah finalisasi pekerjaan engineering, pengadaan material kritis, dan long lead equipment, serta persiapan konstruksi.

“Saat ini fokus kami adalah menyelesaikan pekerjaan engineering dan pengadaan material penting seperti onshore dan offshore pipeline 20 inch untuk memulai konstruksi pada Desember 2020,” kata Novias Nurendra, Direktur Operasi II PT Hutama Karya (Persero), seperti dikutip dalam keterangan pers, Kamis (19/11/2020).

Dia melanjutkan bahwa target terdekat saat ini adalah penyelesaian Transfer Line 20 inch direncanakan untuk selesai pada Juni 2021.

Proyek Lawe-lawe adalah salah satu megaproyek Hutama Karya yang pengerjaannya dimulai sejak Oktober 2019, bekerja-sama dengan China Petroleum Pipeline Engineering, Co. Ltd (CPP).

Proyek Engineering, Procurement Construction (EPC) Lawe-Lawe Facilities RDMP RU V – Balikpapan milik Pertamina ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional untuk menambah kapasitas penyimpanan seiring dengan peningkatan kapasitas produksi RU V - Balikpapan menjadi 360 million barrel steam per day (MBSD).

Proyek ini mencakup pengembangan fasilitas penunjang kilang minyak. Adapun cakupan pekerjaan Hutama Karya yakni pengerjaan pipeline onshore dan offshore dengan diameter 20 inch, fasilitas terminal seperti steam generation, cooling system, fire protection system, effluent treatment, IA/PA system, dan fasilitas penunjang lainnya.

Adapun pekerjaan CPP mencakup single point mooring (SPM), pipeline end manifold (PLEM), pipeline onshore dan offshore dengan diameter 52 inch serta crude oil tank. Pipeline onshore dan offshore 52-inch ini pun akan menjadi pipeline dengan diameter terbesar milik Pertamina.

Pengembangan fasilitas ini dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan minyak mentah di Indonesia, yang mendorong Pertamina meningkatkan kapasitas penyimpanan yang ada di RDMP RU V - Balikpapan.

Novias Nurendra memastikan bahwa dalam pengerjaan proyek tersebut diterapkan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat, yang mana hal itu diawasi secara ketat oleh tim Quality, Health, Safety, Security & Environment (QHSSE) Hutama Karya.

Protokol kesehatan itu mencakup pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area kerja, penggunaan masker, dan penyediaan tempat cuci tangan di area mess pekerja dan area kerja, pembatasan jarak antara rekan kerja minimal 2 meter, penyemprotan disinfektan rutin di area mess, dan area kerja hingga suplai vitamin sesuai anjuran dokter untuk para pekerja.

“Selama masa pandemi Covid-19, masih tetap ada risiko kesehatan bagi para pekerja di lapangan. Namun di sisi lain, progress proyek harus tetap berjalan. Oleh karena itu, kami selalu melakukan tindakan pencegahan secara serius dan menerapkan protokol kesehatan dalam bekerja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper