Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Habiskan Investasi Rp10,8 Triliun, Tol Cibitung Cilincing Beroperasi 2021

Pengerjaan pembangunan JTCC dipercayakan kepada anak perusahaan IPC, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia melalui PT Akses Pelabuhan Indonesia yang bekerja sama dengan PT Waskita Toll Roads.    
Proyek jalan tol Cibitung - Cilincing/Youtube
Proyek jalan tol Cibitung - Cilincing/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 1 ditargetkan mulai beroperasi pada semester I tahun mendatang.

Pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan kawasan industri di timur Jakarta ini sudah mencapai 78 persen.  

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC Arif Suhartono mengungkapkan sebelum dapat dioperasikan, tol tersebut akan diuji kelayakannya karena jalur tol dibuat di atas laut.

“Secara keseluruhan pembangunan JTCC sudah mencapai 78 persen dan untuk pembangunan seksi 1 JTCC, ruas tol Cibitung - Telaga Asih, ditargetkan selesai akhir tahun 2020 dan siap beroperasi di tahun 2021. Sebelum dioperasikan, ruas jalan tol Cibitung - Telaga Asih akan dilakukan uji layak operasi [ULO],” katanya, Minggu (1/12/2020).   

Arif menambahkan total investasi pembangunan JTCC mencapai sekitar Rp10,8 triliun dan status pembebasan lahan seluruh ruas JTCC saat ini telah mencapai 90 persen. Sisanya diharapkan akan rampung dalam waktu dekat.    

Pengerjaan pembangunan JTCC dipercayakan kepada anak perusahaan IPC, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) melalui PT Akses Pelabuhan Indonesia (API) yang bekerja sama dengan PT Waskita Toll Roads (WTR).    

JTCC merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 (JORR 2). Ruas tol ini  terdiri dari 4 seksi, yakni Cibitung - Telaga Asih (3,14 Km); Telaga Asih - Tambelang (10,30 Km); Tambelang -  Tarumajaya (14,3 Km); dan Tarumajaya - Cilincing (7,10 Km). 

“JTCC merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya menjadi prioritas. Berkat dukungan dari pemerintah khususnya kementerian terkait, pembangunan proyek JTCC  terus dikerjakan, meskipun terjadi pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper