Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Kantongi Rp27 Triliun untuk Pembebasan Lahan Tol

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan saat ini pemerintah berupaya mendorong realisasi pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 09 September 2020  |  18:57 WIB
Hutama Karya telah memperoleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan dan Pengoperasian Jalan Tol Sigli Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).  - Hutama Karya
Hutama Karya telah memperoleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan dan Pengoperasian Jalan Tol Sigli Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerintah saat ini memiliki anggaran senilai Rp27 triliun untuk melakukan pembebasan lahan sejumlah proyek tol di wilayah Jawa dan Sumatra.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan saat ini pemerintah berupaya mendorong realisasi pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol.

"Tadi disampaikan salah satu masalah penting adalah soal pembebasan lahan. Kami siap bantu ada 1 tim kami siapkan, anggarannya hampir Rp27 triliun untuk pengadaan tanah atau pembebasan lahan, diharapkan bisa habis tahun ini," ujarnya Rabu (9/9/2020).

Meski sudah ada anggaran pembebasan lahan sebesar itu, Luhut menyebut prosesnya tetap sesuai dengan aturan yang berlaku dan ia meminta hal itu benar-benar diperhatikan di lapangan.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melakukan penandatanganan kontrak proyek jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dengan pemenang tender yaitu konsorsium PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Menurut data Kementerian PUPR, panjang proyek tol ini mencapai 96,57 kilometer, dengan nilai investasi sekitar Rp26,64 triliun. Untuk pembebasan lahannya menjadi tugas pemerintah.

Proyek ini direncanakan mulai konstruksi pada Oktober 2020, dan ditargetkan beroperasi pada Oktober 2023 mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol pembebasan lahan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top