Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Cibitung-Cilincing Ambruk, Rekomendasi Komite K2 Ditunggu

BPTJ belum menerima rekomendasi teknis dari Komite K2, sehingga di lokasi proyek, pekerjaan dengan konstruksi sejenis masih dihentikan
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 30 Agustus 2020  |  13:33 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah dua pekan berlalu, BPJT mengaku belum menerima rekomendasi teknis dari Komite Keselamatan Konstruksi terkait kasus ambruknya konstruksi proyek jalan tol Cibitung-Cilincing.

Sejauh ini pihak BPTJ masih menunggu rekomendasi teknis dari Komisi K2 tersebut.

"Kami belum terima rekomendasi teknis dari Komite K2, sehingga di lokasi proyek di mana pekerjaan dengan konstruksi sejenis, saat ini masih dihentikan," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit kepada Bisnis, Jumat (28/8/2020).

Kecelakaan kerja di proyek tol Cibitung-Cilincing terjadi pada Minggu (16/8/2020) lalu, tepatnya di seksi 4 proyek tersebut.

Danang mengaku telah menginstruksikan PT. Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) untuk melakukan investigasi detail atas kegagalan konstruksi struktur pile head berupa gelagar, yang mengakibatkan konstruksi menjadi ambruk.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) itu juga diminta mengkaji dampak kecelakaan kerja terhadap struktur yang telah terkonstruksi atau terbangun. Evaluasi juga termasuk soal perbaikan sistem scaffolding yang digunakan untuk diimplementasikan setelah rencana perbaikannya disetujui Komite K2.

CTP juga diminta melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya kegagalan konstruksi dan peningkatan aspek sistem manajemen keselamatan konstruksi (SMK3) pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

"Serta menindaklanjuti peningkatan mutu pengawasan pekerjaan konstruksi di lapangan dengan melibatkan ahli K3 Konstruksi dan memastikan berjalannya SMK3 Konstruksi pada seluruh lingkup konstruksi di lapangan," ujar Danang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek tol tol cibitung-cilincing
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top