Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Sentuh Rekor Tertinggi, Penerbangan Rute Domestik Jadi Penentu

Rekor penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta tercapai sebanyak tiga kali dalam tempo tidak lebih dari 14 hari.
Sejumlah pesawat terparkir di bandara. (Bloomberg)
Sejumlah pesawat terparkir di bandara. (Bloomberg)

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia masih memiliki pasar penerbangan domestik untuk memulai pemulihan di tengah periode adaptasi kebiasaan baru.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan lalu lintas penerbangan secara umum sejak 1 bulan terakhir menunjukkan peningkatan seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara Soetta selama ini merupakan bandara tersibuk di Indonesia.

Awaluddin menyampaikan di Bandara Soekarno-Hatta, rekor frekuensi penerbangan pecah tiga kali. Pertama, pada 14 Agustus jumlah penerbangan mencapai 524 penerbangan atau tertinggi selama pandemi Covid-19.

Lalu, rekor tersebut pecah pada 20 Agustus dengan 530 penerbangan, dan kemudian pada 23 Agustus frekuensi penerbangan kembali mencatatkan angka tertinggi yakni 540 penerbangan.

“Sektor penerbangan di negara yang memiliki pasar penerbangan domestik cukup besar seperti misalnya Indonesia, Amerika Serikat dan China mungkin saja dapat memulai fase pemulihan lebih awal,” jelasnya melalui siaran pers dikutip Rabu (26/8/2020).

AP II mencatat selama libur panjang long weekend 20 – 23 Agustus 2020 menjadi periode paling sibuk di 19 bandara PT Angkasa Pura II (Persero) sejak pandemi global Covid-19.

Pada 20 Agustus, pergerakan pesawat di 19 bandara mencapai 1.026 penerbangan dengan 85.462 penumpang.

Kemudian pada 21 Agustus tercatat 883 penerbangan dengan 54.958 penumpang, sementara pada 22 Agustus sebanyak 867 penerbangan dengan 60.683 penumpang.

Lalu lintas penerbangan tertinggi ada pada 23 Agustus yang mencapai 1.045 penerbangan dengan jumlah penumpang mencapai sekitar 95.000 penumpang, di mana angka penerbangan dan penumpang ini juga merupakan tertinggi sejak 1 April 2020.

Secara kumulatif pada libur panjang 20 – 23 Agustus 2020 terdapat 3.821 penerbangan yang mengangkut sekitar 296.000 penumpang di 19 bandara PT Angkasa Pura II.

Aktivitas di 19 bandara PT Angkasa Pura saat libur panjang 4 hari kemarin berjalan sangat lancar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper