Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Pekanbaru-Dumai Tidak Kunjung Dibuka, Ini Penjelasan Kementerian PUPR

Sampai saat ini belum ada keputusan kapan jadwal peresmian proyek-proyek tol baru tersebut. Namun secara fisik semuanya sudah siap 100 persen, kecuali untuk ruas tol Pekanbaru-Dumai masih ada sedikit pekerjaan lagi.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  01:17 WIB
Progres pembangunan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Kamis (20/2 - 2020). Tol Pekanbaru/Dumai terus dipacu pengerjaannya agar bisa rampung seluruhnya pada April 2020. Hingga 21 Februari 2020 seksi 1 Pekanbaru/Minas sepanjang 9,5 kilometer telah rampung. Bisnis/Agne Yasa.
Progres pembangunan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Kamis (20/2 - 2020). Tol Pekanbaru/Dumai terus dipacu pengerjaannya agar bisa rampung seluruhnya pada April 2020. Hingga 21 Februari 2020 seksi 1 Pekanbaru/Minas sepanjang 9,5 kilometer telah rampung. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjelaskan kenapa sejumlah ruas tol baru belum juga dibuka, salah satunya tol Pekanbaru-Dumai.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengaku sesuai schedule kementerian, ada 4 ruas tol yang siap diresmikan pada Agustus ini.

"Sesuai schedule kok [peresmiannya], ada 4 tol yang siap diresmikan yaitu Sigli-Banda Aceh sepanjang 14,5 kilometer, lalu Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, tol Manado-Bitung seksi 1 dan 2a sampai Kauditan itu sepanjang 21 kilometer, dan terakhir tol Kayu Agung-Palembang Kramasan itu 42 kilometer, jd ini sudah siaplah sebelum 17an [Agustus], ya nanti akan ada kebijakan dari Menteri PUPR dan Presiden apakah akan dibuka dulu atau diresmikan," ujarnya kepada Bisnis Kamis (6/8/2020).

Endra mengaku sampai saat ini belum ada keputusan kapan jadwal peresmian proyek-proyek tol baru tersebut. Namun secara fisik semuanya sudah siap 100 persen, kecuali untuk ruas tol Pekanbaru-Dumai masih ada sedikit pekerjaan lagi. Sedangkan ruas tol Kayu agung-Palembang Kramasan saat ini kontraktor sedang merapikan beberapa fasilitas penunjang di sana.

Karena itu secara kesiapan penuh, dia menilai ruas tol yang siap dibuka yaitu tol Sigli-Banda Aceh, dan tol Manado-Bitung. Menjelang dibukanya tol tersebut, Kementerian PUPR telah melakukan serangkaian uji coba sebelum mengeluarkan surat sertifikat laik fungsi dan laik operasi.

Artinya sebelum dibuka, jalan tol baru ini dilakukan berbagai test mulai dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanannya, termasuk soal kerataan jalan, kelangkapan lampu-lampu gate dan juga guardrail di sepanjang tol.

"Tidak hanya itu, tol baru juga diperiksa kesiapan interchangenya, jembatan penyeberangan orangnya, drainasenya, itu semua sudah dicek lebih dahulu sebelum akhirnya jalan tol dibuka dan dioperasikan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Kementerian PUPR
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top