Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 4 Ruas Tol Baru yang Akan Beroperasi Sebelum 17 Agustus 2020

Panjang salah satu jalan tol ini bila dibandingkan dengan di wilayah Jawa sama dengan jarak antara Jakarta—Bandung.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  18:38 WIB
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan empat ruas tol baru akan segera beroperasi sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaya menyatakan bahwa empat ruas tol tersebut pertama adalah ruas tol Manado—Bitung, yang sempat tertunda peresmiannya.

"Sebelum 17 Agustus tahun ini akan diresmikan bebebapa tol, pertama tol Manado—Bitung yang sempat ditunda kemarin. Itu di seksi 2A yaitu dari Manado ke Kauditan sepanjang 21,5 kilometer," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (28/7/2020).

Dia menjelaskan bahwa rencana peresmian tol Manado—Bitung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (27/7/2020) lalu ditunda karena Presiden ingin berkunjung juga ke Luwu Utara melihat kondisi korban banjir bandang.

Namun, setelah dihitung ulang, ditambah kondisi cuaca setempat yang masih sering turun hujan, waktu kunjungan Presiden dinilai tidak memadai sehingga peresmian tol Manado—Bitung ikut tertunda.

Sementara itu, tiga ruas tol lain yang akan diresmikan juga sebelum 17 Agustus 2020 ada di tiga tempat yaitu tol Sigli—Banda Aceh, Pekanbaru—Dumai, dan Kayu Agung—Palembang.

"Untuk ruas tol Sigli—Banda Aceh ini yang sudah siap diresmikan adalah seksi Blang Bintang—Indrapuri sepanjang 15 kilometer dan ini langsung terhubung ke bandara [Sultan Iskandar Muda] Aceh," ujarnya.

Kemudian, untuk tol Pekanbaru—Dumai yang akan diresmikan nantinya sepanjang 131 kilometer yang terdiri dari enam seksi.

Endra menyebutkan bahwa panjang tol ini bila dibandingkan dengan di wilayah Jawa sama dengan jarak antara Jakarta—Bandung.

Untuk tol yang berlokasi di Provinsi Riau ini, memang belum mendapatkan surat keputusan Menteri PUPR untuk resmi dioperasikan karena saat ini masih dilakukan perbaikan di satu bagian karena sempat terjadi longsor.

"Tol Pekanbaru—Dumai ini belum ada SK-nya karena masih perbaikan di satu bagian saja yang belum selesai kemarin karena longsor. Saya lupa di kilometer berapa mungkin 74 atau 78 dari Pekanbaru," ujarnya.

Adapun, untuk 1 ruas tol lain yang bakal ikut diresmikan adalah tol Kayu Agung—Palembang atau Keramasan. Jalan tol dengan panjang total 42 kilometer ini sebagiannya sudah dioperasikan dan ada sekitar 9 kilometer lagi yang belum dibuka. "Nanti rencananya diresmikan sekaligus oleh Presiden Joko Widodo, bila waktunya memadai."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tarif tol
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top