Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Hari Lagi, Jokowi Resmikan Jalan Tol Manado-Bitung

Presiden Jokowi meresmikan langsung Jalan tol Manado-Bitung sepanjang 20 kilometer (ruas Manado-Kauditan) pada Rabu (22/7/2020).
Lokasi simpang Kauditan di KM20 Jalan Tol Manado Bitung. / Bisnis-Lukas Hendra
Lokasi simpang Kauditan di KM20 Jalan Tol Manado Bitung. / Bisnis-Lukas Hendra

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan tol Manado-Bitung sepanjang 20 kilometer (ruas Manado-Kauditan) bakal diresmikan pada Rabu (22/7/2020).

PT Jasamarga Manado Bitung dalam akun Instagram resminya @jmmanadobitung mengungkapkan bahwa peresmian jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Kauditan itu akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Buat kamu yang ada di Manado dan sekitarnya, ada kabar gembira nih! Dua hari lagi, Jalan Tol Manado-Bitung akan segera diresmikan. Peresmian dihadiri langsung Presiden Joko Widodo lho,” tulis akun @jmmanadobitung, Senin (20/7/2020).

Pada Februari 2020, Bisnis.com pun sempat menjajal ruas tersebut bahkan hingga KM25 sebelum memasuki Danowudu. Lantas, apa menariknya jalan tol ini? 

Selain fungsi ekonomi untuk menghubungkan pusat industri di Bitung dengan pusat bisnis dan pemerintahan di Manado, jalan tol Manado-Bitung juga menyuguhkan panorama yang luar biasa menakjubkan, yakni gunung tertinggi di Sulawesi Utara, Gunung Klabat.

Selain, Gunung Klabat, selepas simpang Kauditan, Anda akan menjumpai Gunung Dua Saudara tempat yaki, monyet bokong merah berdiam yang menjadi ikon Sulawesi Utara, bahkan sejak era Wallacea.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan gunung, selepas simpang susun Kauditan (jika Anda berkendara dari Manado), Anda juga akan menjumpai pemandangan pantai di sebelah kanan Anda. 

Kendati demikian, simpang susun Kauditan juga memiliki pemandangan unik sendiri yakni underpass Kauditan dengan latar Gunung Klabat di belakangnya, yang masih tampak asri, hijau perbukitan.

Namun, tanjakan Kauditan sendiri menyuguhkan pemandangan yang menarik berupa pola unik dari tatanan lampu-lampu jalan yang ada.

Sepanjang ruas Manado-Kauditan, Anda akan menjumpai beberapa jembatan, mulai dari jembatan alur Tondano, hingga jembatan sungai Tondano. Ruas jalan tol ini bisa dibilang mulus, tidak terlalu bergelombang.

Bahkan, bila Anda jalan dari Manado menuju Kauditan di pagi hari, Anda masih bisa menjumpai kabut-kabut tipis di pagi hari. Arah sebaliknya, di sore hari, Anda masih bisa menengok matahari terbenam di beberapa ruas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper