Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ditjen Hubla Gandeng Badan Siber Perkuat Sistem TI

Ditjen Hubla menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memperkuat sistem TI untuk melakukan penataan sistem secara menyeluruh.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  14:26 WIB
Kapal laut - Bisnis
Kapal laut - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan akan memperkuat sistem dan Teknologi Informasi di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut agar kejadian pemalsuan sertifikat pelaut tidak terulang kembali.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo mengatakan untuk lebih memperkuat pengamanan sistem teknologi informasi dan layanan daring, sejak 2019, menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan penataan sistem secara menyeluruh.

"Perkuatan sistem dan teknologi informasi tersebut sudah dilakukan pada 2019, kami menggandeng BSSN untuk melindungi serta memperkuat keamanan siber secara efektif dan efisien juga proteksi terhadap data penting di semua layanan daring maupun aplikasi milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," kata Agus dalam siaran pers, Jumat (26/6/2020).

Dia menuturkan sebelumnya, tim gabungan Polda Metro Jaya bersama Satgas dari Kementerian Perhubungan berhasil mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat keterampilan pelaut dengan meretas registrasi sertifikat keterampilan pelaut secara online.

"Selama ini secara berkala terus dilakukan updating dan diproteksi maksimal terhadap layanan daring kepelautan, tetapi selalu ada celah yang bisa ditembus oleh peretas. Ini akan kami perbaiki dan diperkuat," ujarnya.

Agus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim gabungan Polda Metro Jaya bersama Satgas dari Kementerian Perhubungan yang berhasil mengungkap kasus pemalsuan sertifikat pelaut yang telah meresahkan masyarakat.

Terkait dengan kasus pemalsuan sertifikat pelaut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyerahkan seluruhnya kepada pihak Kepolisian untuk dapat diusut tuntas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top