Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INACA : Kedisiplinan Penumpang Pesawat terhadap Aturan Masih Kurang

Maskapai, menurut INACA, sudah mengikuti aturan dan menyosialisasikannya kepada publik, terutama melalui laman resmi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  17:18 WIB
Suasana di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) pagi. - Instagram@jktinfo
Suasana di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) pagi. - Instagram@jktinfo

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Maskapai Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carrier Association menilai banyaknya penumpang yang ditolak berangkat akibat dokumen yang tidak lengkap bukan hanya dikarenakan sosialisasi yang kurang optimal, melainkan juga dibutuhkan kedisiplinan penumpang.

Sekjen Indonesia National Air Carrier Association  (INACA) Bayu Sutanto mengatakan bahwa persyaratan penumpang dengan pengecualian sudah jelas diatur di Surat Edaran No. 4 Gugus Tugas dan juga SE No. 5 untuk perpanjangannya.

"Kalau penumpangnya yang enggak disiplin dan tidak memenuhi syarat -syarat tersebut ya, ditolak. Ini bukan masalah sosialisasi, melainkan masalah disiplin terhadap aturan. Sama seperti halnya ada penumpang mobil dan sepeda motor yang tidak disiplin," jelasnya, Rabu (27/5/2020).

Selain itu terkait dengan adanya penyesuaian aturan baru dalam transportasi udara, Bayu menilai maskapai sudah mengikuti aturan tersebut dan menyosialisasikannya kepada publik, terutama melalui laman resmi. "Namun, saat ini yang diizinkan kan memang penerbangan dengan pengecualian. Seharusnya calon penumpangnya sudah paham syarat-syarat tersebut."

Sementara itu, Lion Air Group mengumumkan menghentikan sementara operasional penerbangan berjadwal yang melayani jaringan domestik selama 5 hari, yaitu mulai 27 Mei sampai dengan 31 Mei 2020.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro membenarkan hal tersebut. Hal itu ditempuh untuk memberi waktu dan sosialisasi mengenai persyaratan seperti yang telah ditetapkan untuk perjalanan menggunakan pesawat udara.

"Untuk jumlah okupansi penumpang dan tujuan mana yang banyak penumpang ditolak masih kami kumpulkan datanya," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inaca Larangan Terbang
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top