Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Panduan New Normal Kemenkes, Dunia Usaha Minta Perlindungan dan Beban Ekonomi Bertambah, Pembiayaan Utang Tembus Rp1.200 Triliun

Berita panduan new normal Kemenkes, dunia usaha minta perlindungan, jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Rabu (27/05/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  17:20 WIB
Poster tips bekerja aman dari penularan virus corona - Instagram @kemenkes_ri
Poster tips bekerja aman dari penularan virus corona - Instagram @kemenkes_ri

1. Panduan New Normal Kemenkes, Dunia Usaha Minta Perlindungan

Kementerian Kesehatan menerbitkan protokol new normal untuk dipatuhi pelaku usaha. Pemenuhan protokol new normal ini diharapkan dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Kementerian Kesehatan menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Kurva Belum Landai, Siapkah Indonesia Jalani Fase New Normal?

Pemerintah mempersiapkan berbagai aturan agar masyarakat dapat memasuki tatanan hidup baru atau new normal untuk menyikapi pandemi virus Corona (Covid-19).

Namun, apakah protokol new normal yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan sudah saatnya dilaksanakan? Pasalnya, kurva kasus positif Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan yang signifikan hingga saat ini.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Historia Bisnis: Aksi Korporasi Chandra Asri di Tengah Krisis

Krisis ekonomi dan perubahan peta politik tanah air tak bisa dipungkiri sangat berpengaruh terhadap dunia usaha Tanah Air. Dalam situasi krisis ini pula dunia usaha melakukan sejumlah manuver.

Beberapa perusahaan dan industri memilih melakukan penyesuaian dalam hal produksi. Namun, tidak sedikit pula perusahaan yang melakukan perombakan besar-besaran bahkan hingga perombakan kepemilikan saham.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Tangkap Peluang Tren Relokasi dari China, Indonesia Bisa?

Konflik geopolitik antara China dengan Amerika Serikat (AS) kembali memanas, memicu respons dari sejumlah negara untuk memindahkan pabrik-pabriknya di China ke negara-negara berkembang.

Setelah sebelumnya tensi antara China dengan AS memanas karena sengketa dagang, maka kali ini konflik dua negara dengan ekonomi terbesar itu dipicu oleh penyebaran wabah Covid-19.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Beban Ekonomi Bertambah, Pembiayaan Utang Tembus Rp1.200 Triliun

Kebutuhan pembiayaan utang semakin bertambah seiring dengan meningkatnya beban perekonomian dan beban anggaran.

Defisit APBN 2020 yang pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 54/2020 ditetapkan melebar hingga Rp852,9 triliun atau 5,07 persen dari PDB dan angka ini kembali melebar hingga Rp1.028,5 triliun atau 6,27 persen dari PDB.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top