Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Populer Ekonomi, Ombudsman Soroti Keabsahan Dokumen Perjalanan Penumpang Bandara dan Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Naik 2 Kali Lipat, Untuk Apa?

Berita Ombudsman soroti keabsahan dokumen perjalanan penumpang bandara jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Rabu (20/05/2020).
Suasana di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) pagi./Instagram@jktinfo
Suasana di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) pagi./Instagram@jktinfo

1. Ombudsman Soroti Keabsahan Dokumen Perjalanan Penumpang Bandara

Ombudsman menilai perbaikan dan evaluasi yang dilakukan oleh otoritas bandara Soekarno-Hatta dengan memecah check point validasi dokumen penumpang yang semula dipusatkan pada satu titik menjadi dibagi ke dalam empat lapis tidak lantas memperbaiki sistem pengecekan keabsahan dokumen yang dimiliki penumpang.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh P. Nugroho mengatakan jumlah personel dan kewenangan yang terbatas serta jeda waktu antar penerbangan menyebabkan proses pengecekan keabsahan dokumen kepada pihak yang memberikan izin termasuk para pejabat Eselon II bagi PNS yang melakukan perjalanan dinas, pimpinan perusahaan, dan atau aparat pemerintah yang mengeluarkan izin perjalanan atau rumah sakit yang menjalankan tes Covid-19 tidak mungkin dilakukan.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Historia Bisnis: Langkah Nirwan Bakrie, Untung Lepas Freeport Untuk Ekspansi Properti

Gebrakan Nirwan Bakrie mengejutkan dunia bisnis nasional. Mulai dari pengambilalihan Elang Reality, masuk ke sektor supermarket, pembangunan kawasan wisata di Lampung, sampai rencana penggabungan Bank Nasional dan Bank Perniagaan. Ia menjadi tokoh kunci Grup Bakrie.

Nirwan dikenal sebagai sosok yang berani mengambil risiko. Dalam keluarga konglomerat asal Lampung itu, Nirwan juga sosok yang pandai mengambil keputusan dengan cepat.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pandemi Corona Belum Usai, China Tawar Sejumlah Proyek Infrastruktur RI

Kendati pandemi virus corona belum benar-benar hilang, sejumlah perusahaan asal China menawarkan kerja sama untuk mengembangkan proyek infrastruktur di Indonesia

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengatakan, dia telah bertemu Wakil Presiden China Gezhouba Group International Engineering Co Ltd, Hu Peng, pada Senin (18/5/2020).

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Resmi, Maskapai dan Operator Bandara Ini Kena Sanksi Kemenhub

Kementerian Perhubungan akhirnya memberikan sanksi kepada maskapai dan operator bandara yang terbukti melanggar Permenhub No. 18/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan maskapai melanggar ketentuan yang tertera pada Pasal 14 huruf b mengenai pembatasan jumlah penumpang paling banyak 50 persen dari jumlah kapasitas tempat duduk dengan penerapan jaga jarak fisik (physical distancing). Adapun, terdapat pelanggaran berkaitan dengan physical distancing yang dilakukan oleh maskapai dan operator bandara.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Naik 2 Kali Lipat, Untuk Apa?

Membengkaknya dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga 2 kali lipat menjadi Rp641,12 triliun dari Rp318,09 triliun mencuatkan tanda tanya, mulai dari efektivitas penggunaan, sumber pembiayaan, hingga potensi penyalahgunaan.

Dalam paparan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Senin (18/5/2020), dana PEN tersebut terbagi dalam empat bagian yakni belanja negara sebesar Rp427,46 triliun, pembiayaan Rp133,51 triliun, tambahan belanja Kementerian/Lembaga (K/L) Rp65,1 triliun, dan dukungan untuk pemerintah daerah (pemda) senilai Rp15,1 triliun.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper