Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Konfirmasi Delapan Calon Operator Pelabuhan Patimban

Kemenhub mengupayakan penyelesaian tahap pertama Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat tetap bisa beroperasi terbatas pada September 2020
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat./Bisnis.com
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diketahui tengah melakukan konfirmasi terhadap delapan calon operator yang berminat terhadap proyek Pelabuhan Patimban di Jawa Barat selama dua hari yang berakhir pada Rabu (1/4/2020).

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Setditjen Perhubungan Laut Benny Sanjaya mengatakan konfirmasi tersebut dilakukan melalui video conference secara personal kepada calon investor. Pertemuan tersebut digelar oleh Kemenhub dengan didampingi Konsultan proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dihadiri perwakilan dr Bappenas, PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

"Totalnya terdapat delapan calon operator. Terkait dengan hasilnya nanti akan ada Risalah Rapat untuk masing-masing sesi," jelasnya, Rabu (1/4/2020).

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo mengatakan setelah konsultan pendamping proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) ditunjuk akan dilakukan finalisasi dokumen pra studi kelayakan akhir final business case (FBC) untuk lelang badan usaha. Adapun, menurut jadwal, lelang bisa dilakukan pada awal Mei 2020.

Kementerian perhubungan mengupayakan penyelesaian tahap pertama pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat tetap bisa beroperasi terbatas pada September 2020 kendati pendemi virus corona (Covid-19) semakin meluas.

Hingga pekan ketiga Maret 2020, progres pembangunan terminal kendaraan dan peti kemas di pelabuhan ini mencapai 63,54 persen. Hingga saat ini, pengerjaan proyek di lapangan tetap berjalan.

Hanya saja, sambungnya, pengerjaan dilakukan dengan peningkatan kewaspadaan dan pemeriksaan kesehatan sesuai ketentuan yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper