Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub Konfirmasi Delapan Calon Operator Pelabuhan Patimban

Kemenhub mengupayakan penyelesaian tahap pertama Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat tetap bisa beroperasi terbatas pada September 2020
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 April 2020  |  11:21 WIB
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. - Bisnis.com
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diketahui tengah melakukan konfirmasi terhadap delapan calon operator yang berminat terhadap proyek Pelabuhan Patimban di Jawa Barat selama dua hari yang berakhir pada Rabu (1/4/2020).

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Setditjen Perhubungan Laut Benny Sanjaya mengatakan konfirmasi tersebut dilakukan melalui video conference secara personal kepada calon investor. Pertemuan tersebut digelar oleh Kemenhub dengan didampingi Konsultan proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dihadiri perwakilan dr Bappenas, PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

"Totalnya terdapat delapan calon operator. Terkait dengan hasilnya nanti akan ada Risalah Rapat untuk masing-masing sesi," jelasnya, Rabu (1/4/2020).

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo mengatakan setelah konsultan pendamping proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) ditunjuk akan dilakukan finalisasi dokumen pra studi kelayakan akhir final business case (FBC) untuk lelang badan usaha. Adapun, menurut jadwal, lelang bisa dilakukan pada awal Mei 2020.

Kementerian perhubungan mengupayakan penyelesaian tahap pertama pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat tetap bisa beroperasi terbatas pada September 2020 kendati pendemi virus corona (Covid-19) semakin meluas.

Hingga pekan ketiga Maret 2020, progres pembangunan terminal kendaraan dan peti kemas di pelabuhan ini mencapai 63,54 persen. Hingga saat ini, pengerjaan proyek di lapangan tetap berjalan.

Hanya saja, sambungnya, pengerjaan dilakukan dengan peningkatan kewaspadaan dan pemeriksaan kesehatan sesuai ketentuan yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub pelabuhan patimban
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top