Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Penjelasan Menko Luhut Soal Pembatasan Mudik Lebaran 2020 dan Dampak Corona, Pebisnis Minta Kelonggaran THR

Kabar penjelasan Menko Luhut mengenai skenario pembatasan mudik lebaran 2020 jadi berita terpopuler kanal Ekonomi, Kamis (26/3/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  02:38 WIB
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Bisnis - Nurul Hidayat
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Bisnis - Nurul Hidayat

1. Penjelasan Menko Luhut Mengenai Skenario Pembatasan Mudik Lebaran 2020

Pemerintah tengah menyiapkan skema kebijakan agar masyarakat tidak mudik dan tidak piknik menjelang Lebaran 2020. Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah menangani pandemi Covid-19. Keputusan akhir pun menanti ratas dengan Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kebijakan Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020 adalah upaya bangsa Indonesia dalam memutus mata rantai penularan wabah corona.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Pemerintah Pastikan 29,3 Juta Orang Dapat Bantuan Langsung Tunai Covid-19

Pemerintah bakal menyalurkan bantuan sosial (bansos) selaku social safety net atau jaring pengaman sosial di tengah wabah Covid-19 kepada 29,3 juta orang.

Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono menerangkan 29,3 juta orang ini merupakan 40% dari masyarakat termiskin.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Social Distancing, Apa Dampaknya untuk Pertambangan?

Wabah virus corona atau Covid-19 yang telah menjadi pandemi dunia telah mengganggu perekonomian di banyak di negara. Untuk meminimalisir dampak, pemerintah Indonesia telah menetapkan kebijakan social distancing. Bagaimana dampak kebijakan ini terhadap industri pertambangan di Indonesia?

Direktur Utama PT J Resources Asia Pasifik, Tbk (PSAB) Edi Permadi mengatakan kebijakan jaga jarak atau social distancing yang diterapkan pemerintah masih memberi peluang pada tambang untuk beroperasi. Namun, operasional harus dijalankan dengan metodologi safety standard terkait tambahan risiko yang mungkin timbul akibat wabah corona.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Dampak Virus Corona, Pebisnis Minta Kelonggaran Pembayaran THR

Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sarman Simanjorang meminta Kementerian Ketenagakerjaan memberi kelonggaran terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) tahun ini.

Pasalnya, penyebaran virus Corona (Covid-19) membuat hampir semua lini bisnis mengalami perlambatan. Dalam situasi seperti ini THR menjadi beban tersendiri bagi pengusaha, khsususnya UKM dan sebagian industri padat karya.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Pandemi Corona, Bagaimana Nasib Mudik Lebaran Tahun Ini?

Pemerintah menyebutkan kepastian kebijakan mudik 2020 akan dibahas dalam rapat kabinet dalam waktu dekat. Sejauh ini berkembang wacana bahwa pemerintah tengah menyiapkan kebijakan Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020 sebagai bagian dari upaya menangani pandemi covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kebijakan Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020 merupakan ikhtiar bangsa Indonesia dalam memutus mata rantai penularan wabah corona.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top