Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Properti di Kota Mandiri Bakal Laris Diburu Investor

Para investor atau pembeli lebih memilih berinvestasi properti di kota mandiri karena berbagai alasan.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  11:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Minat investasi dan pembelian properti di kota mandiri diproyeksi akan menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Tingginya minat pembelian properti di kota mandiri itu salah satunya didorong karena pada umumnya kota mandiri memiliki banyak potensi, terutama untuk kota mandiri yang terbilang sudah maju.

Direktur Utama PT Prioritas Land Indonesia Marcellus Chandra mengatakan bahwa investasi properti di kota mandiri baik dari apartemen, rumah tapak, hingga ruko memiliki imbal hasil (yield) yang lebih baik. 

Hal itulah yang menyebabkan kenaikan harga properti atau capital gain dari properti komersial di daerah pengembangan kota mandiri juga dinilai lebih baik ketimbang daerah lain yang belum beranjak berkembang. 

"Bahkan yang baru berkembang sekalipun karena investor properti masih akan meraba-raba akan seperti apakah pengembangan kota ini lima hingga sepuluh tahun mendatang?," kata Marcell, Selasa (3/3/2020).

Dia mengatakan bahwa peminat atau investor properti cenderung memilih investasi di kota mandiri yang telah maju pesat meninggalkan daerah lain.

Menurutnya, properti yang berlokasi di kota mandiri banyak dilirik investor ataupun pembeli karena bangunan yang tertata apik dan sudah siap digunakan tanpa harus menunggu lama lagi, sehingga para investor bisa langsung merasakan manfaat investasinya. 

"Karena nilai investasi ini mempengaruhi tentunya dari peminat semakin tinggi lahan berkurang maka yang terjadi adalah inflasi” imbuhnya.

Dari sisi lokasi, dia menyebut bahwa kawasan yang masih bisa dilirik untuk pengembangan kota mandiri adalah kota satelit alias area penyangga DKI Jakarta seperti Tangerang. 

"Tangerang, misalnya, bisa menjadi pilihan utama. Kawasan ini menarik karena relatif dekat dengan Jakarta, lingkungan telah tertata dengan rapi dan ditunjang fasilitas modern yang pasti menjamin kenyamanan maksimal," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa Tangerang memiliki banyak township atau kota mandiri yang dihuni oleh kalangan menengah dan menengah ke atas. Selain itu, kawasan ini juga diisi dengan masyarakat dengan usia produktif. 

Kemudian, Tangerang juga didukung oleh akses transportasi yang dinilai semakin mudah sehingga menjadikan pusat pertumbuhan properti terbesar di Jabodetabek bahkan di Indonesia. 

"Kawasan ini akan terus tumbuh dan berkembang lebih baik dibandingkan kawasan lain,” ungkapnya. 

Dalam catatan Bisnis, sejumlah pengembangan kota mandiri yang saat ini tengah dilakukan di Tangerang antara lain adalah proyek apartemen Double Great Residence oleh PT Prioritas Gading Indonesia, kawasan perumahan oleh Paramount Land, BSD City oleh Sinar Mas Land, dan Alam Sutera.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti kota mandiri pengembang properti investasi properti
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top