Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Tawarkan Proyek Pelabuhan Ambon ke Perusahaan Uni Emirat Arab

Menteri Perhubungan gencar mendatangkan investor di berbagai proyek infrastruktur konektivitas. Salah satunya menawarkan proyek Pelabuhan Ambon ke investor asing Dubai Port.
Menhub Budi Karya saat  tinjau Pelabuhan Ambon. Terminal itu menjadi terminal petikemas./Istimewa
Menhub Budi Karya saat tinjau Pelabuhan Ambon. Terminal itu menjadi terminal petikemas./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan pengelolaan Pelabuhan Ambon kepada Dubai Port melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan dia telah bertemu dengan pengusaha pelabuhan asal Dubai, Uni Emirates Arab tersebut dan menawarkan beberapa tempat.

"Saya tadi ketemu  Dubai Port, saya tawarkan beberapa tempat, satu saya tawarkan di Ambon.  Kami [juga] lagi studi dengan Bank Dunia, [mengenai] pelabuhan untuk khusus konsolidasi ikan di sana," jelasnya, Jumat (21/2/2020).

Selain menawarkan proyek pelabuhan internasional tersebut, Menhub juga memberikan informasi pengembangan pelabuhan di Sumatera Selatan di wilayah Tanjung Carap

Pelabuhan lain yang ditawarkannya yakni Pelabuhan Kendal yang saat ini tengah penjajakan dengan Singapura, hal ini agar kedua investor asal luar negeri tersebut dapat membentuk perusahaan patungan.

"Namun, Dubai paling tertarik dengan yang Ambon," imbuhnya.

Menhub memang tengah mengedepankan pembangunan proyek infrastruktur transportasi menggunakan skema kerja sama dengan swasta. Hal ini guna mengurangi beban APBN sekaligus adanya transfer pengetahuan dari swasta yang berpengalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper