Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara HK Cegah Longsor di Tol Pekanbaru-Dumai

PT Hutama Karya (Persero) melakukan penghijauan pada bidang terasering jalan tol Pekanbaru-Dumai dengan tanaman penutup tanah. Penggunaan legume cover crop itu juga berfungsi mencegah erosi.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 22 November 2019  |  21:05 WIB
Hutama Karya
Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA--PT Hutama Karya (Persero) melakukan penghijauan pada bidang terasering jalan tol Pekanbaru-Dumai dengan tanaman penutup tanah. Penggunaan legume cover crop itu juga berfungsi mencegah erosi.

Manajer Pelaksana Proyek Tol Pekanbaru-Dumai (Pekdum) Seksi 1 dan 2 Bambang Ismono mengatakan penggunaan tanaman penutup tanah diterapkan pada area terasering dengan ketinggian di atas 20 meter.

Terasering terbentuk dari hasil pematangan lahan untuk jalan tol hasil Hutama Karya membelah bukit di tiga seksi jalan tol.

"Kami pasang rumput gak mempan. Sudah ganti [metode] empat kali gagal semua. Akhirnya kami coba pake legume cover crop dan berhasil," ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (22/11/2019).

Ilustrasi-Cover crop di Kanada/Randy McAndrew-cbc.ca

Bambang menjelaskan, penggunaan legume cover crop membutuhkan jerami sebagai media tanam, jaring, dan milet atau pakan burung. Dia menyebut butuh waktu dua bulan agar tanaman penutup tanah bertumbuh.

Sejauh ini, menurut Bambang,  hasilnya tidak mengecewakan. Dia mengatakan legume cover crop tahan terhadap cuaca panas. Oleh karena itu, dia yakin tanaman penutup tanah ini bisa diandalkan untuk mencegah erosi sekaligus penghijauan di jalan tol Pekdum.

Pembangunan jalan tol Pekdum terbilang menantang. Pasalnya, kontur lahan yang bergelombang membuat Hutama Karya tak cukup menggunakan metode timbunan tanah.

Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra menjumpai kontraktor memasang tiang pancang dengan ketinggian hingga lebih dari 20 meter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya tol pekanbaru-dumai Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Sumber : Jelajah Sumatra

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top