Pasar Perkantoran Lesu, Penjualan Citra Towers Tak Terdampak

Kebanyakan penyewa berasal dari kalangan pemakai akhir yakni pebisnis yang memiliki kegiatan usaha dan kesibukan di sekitar Jakarta Pusat atau Utara.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  06:44 WIB
Pasar Perkantoran Lesu, Penjualan Citra Towers Tak Terdampak
Deretan gedung perkantoran dilihat dari kawasan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (25/10/2018). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA — Kondisi pasar properti perkantoran di Jakarta yang dinilai tengah dalam kondisi kelebihan pasok, nyatanya tidak menjadi hambatan bagi PT Ciputra Residence, pengembang Citra Towers Kemayoran terkait dengan masalah keterisiannya.

Produk besutan Ciputra Group itu diklaim sudah terisi hampir 90 persen dan sudah mulai dilakukan serah terima sejak Desember 2018.

Direktur Citra Towers Meiko Handojo mengatakan bahwa saat ini, pengembang baru membangun satu menara, yakni North Tower yang terdiri atas 28 lantai itu sudah terjual hampir 90 persen dan 30 persen di antaranya sudah mulai melakukan fitting out.

Fitting out adalah penambahan atau perubahan atau renovasi atau pengembalian kepada kondisi asal yang dilaksanakan oleh penghuni.

Adapun, dari 28 lantai yang tersedia, 3 lantai diisi Creo (creative office) yang ukurannya kecil untuk bisnis usaha rintisan (startup). Kebanyakan penyewa juga berasal dari kalangan pemakai akhir (end user) yakni pebisnis yang memiliki kegiatan usaha dan kesibukan di sekitar Jakarta Pusat atau Utara.

“Jadi, sebenarnya tidak ada masalah dengan kondisi oversupply. Pebisnis di daerah Jakarta Utara dan Pusat yang mana dulu kebanyakan masih menggunakan ruko sebagai unit usaha dan kini mereka sudah mulai berpindah ke office,” kata Meiko kepada Bisnis, Senin (14/10/2019).

Citra Towers saat ini juga memiliki retail podium yang disebut Citra Xperience atau disingkat CX Kemayoran. Lokasi ritel tersebut merupakan fasilitas pendukung perkantoran dan juga menjadi meeting point bagi masyarakat penghuni apartemen di Kemayoran.

“Di samping ada F&B [pujasera], dan sunken Plaza (di level dasar bawah) yang sangat nyaman, Citra Towers juga dilengkapi pula oleh fasilitas gim dari Snap Fitness USA, Daily Food Hall, dan teater XXI yang rencananya akan soft opening [pembukaan praresmi] 16 Oktober 2019,” lanjut Meiko.

Adapun, untuk pengoperasiannya, saat ini Citra Towers dikelola oleh JLL. Citra Towers juga diisi oleh perusahaan lokal dan asing yang berbasis perniagaan karena dekat dengan pusat bisnis di Jakarta Utara dan pelabuhan.

Selain itu, sejumlah perusahaan rintisan yang membutuhkan mobilitas tinggi juga ikut mengisi lantaran seluruh fasilitas pendukung sudah tersedia.

Saat ini North Tower Citra Towers sudah selesai dibangun. Untuk tahap selanjutnya ke pengembangan tahap kedua, Meiko menyebutkan bahwa pengembang masih akan menunggu kondisi pasar properti dan dunia usaha kembali membaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perkantoran, ciputra residence

Editor : Zufrizal
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top