Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Residence Berikan Penghargaan K3L Kepada Kontraktor

Ciputra Residence memberikan penghargaan program Health, Safety, and Environment Award kepada sejumlah kontraktor. Ini Daftar pemenangnya.
PT Ciputra Residence memberikan HSE Award kepada sejumlah kontraktor sebagai bentuk implementasi dan membudayakan Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan (K3L) di proyek pembangunan/Bisnis-Yanita Petriella
PT Ciputra Residence memberikan HSE Award kepada sejumlah kontraktor sebagai bentuk implementasi dan membudayakan Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan (K3L) di proyek pembangunan/Bisnis-Yanita Petriella

Bisnis.com, JAKARTA - PT Ciputra Residence memberikan penghargaan program Health, Safety, and Environment atau HSE Award kepada sejumlah kontraktor yang terlibat dalam proyek pembangunan.

Acara penghargaan yang sudah memasuki tahun ketujuh tersebut dirancang sebagai bentuk implementasi dan membudayakan Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan (K3L) di proyek pembangunan.

Direktur PT Ciputra Residence Lalitya Ciputra Sastrawinata mengatakan HSE Award 2021 berlangsung dengan tema Quality Improvement of Health, Safety and Environment for Business Continuity during the Pandemic atau peningkatan kualitas dalam unsur Health, Safety dan Environment untuk keberlangsungan usaha selama masa pandemi.

Melalui program ini, puluhan kontraktor mendapatkan berbagai penghargaan yang terbagi ke dalam tujuh kategori. Kriteria penilaiannya didasarkan pada HSE scoring, NCR CAR, incident report, dan pengamatan. Keempat kriteria penilaian ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam melaksanakan penilaian dan penentuan para pemenang.

"Terkait dengan HSE scoring ini minimumnya terus kami tingkatkan dari tahun ke tahun tetapi untuk kriterianya tetap sama. Tahun ini batas minimalnya scoring 85 naik dari tahun 2019 yang 80. Scoring yang terus meningkat agar kontraktor pun terus baik dalam pelaksanaan HSE," ujarnya usai acara HSE Awards di Ciputra Artpreneur, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan dari tujuh kategori tersebut dimenangkan oleh 63 kontraktor yang mendapatkan penghargaan Building Contractors With Zero Accident dan tujuh proyek PT Ciputra Residence mendapatkan penghargaan Project Area With Zero Accident.

"Melihat usaha dan konsistensi PT Ciputra Residence selama tujuh tahun belakangan dalam meningkatkan keamanan di lokasi proyek untuk mencapai zero accident dan zero losstime injury, hal ini pun menjadi prestasi yang membanggakan," ucapnya.

Selain penghargaan untuk kontraktor yang berhasil menerapkan zero accident di proyek pembangunan, ada pula penghargaan High Rise Building Contractors of Health, Safety & Environment Performance.

Tiga HSE Officer kontraktor high rise juga berhasil mendapatkan penghargaan Best Improved Health, Safety &Environment Officer for High Rise Buildings karena berhasil meningkatkan HSE pada proyek high rise building. Penghargaan serupa diberikan pula kepada tiga HSE Office untuk kategori landed house atau low rise building.

Tidak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada tiga kontraktor landed house dengan kategori Best Initial Health, Safety & Environment Scoring Average For Low Rise Building Contractors.

Sementara penghargaan terakhir dengan kategori Most Improved Initial Health, Safety & Environment Scoring For Low Rise Building Contractors dimenangkan oleh tiga kontraktor landed house lainnya yang berhasil meningkatkan Health, Safety dan Environment dalam proyek pembangunannya.

HSE Award sendiri merupakan program penghargaan yang dirancang untuk mengimplementasikan dan membudayakan pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja,dan Lingkungan (K3L) di setiap proyek pembangunan.

"Meski HSE Award sempat tidak bisa dilaksanakan tahun lalu karena pandemi Covid-19, tahun ini PT Ciputra Residence kembali mengadakan HSE Awards secara hybrid online dan offline," katanya.

Menurutnya, strategi PT Ciputra Residence berbuah manis. Hasil yang diperoleh dari pembudayaan ini sangat signifikan. Sejak 2015 hingga 2021, PT Ciputra Residence secara konsisten terus menurunkan angka kecelakaan kerja di proyek pembangunan. Bahkan, sebagian besar proyek PT Ciputra Residence bahkan berhasil mencapai target zero accident.

“Penerapan HSE di lingkungan PT Ciputra Residence berdampak positif terhadap nilai tambah perusahaan. Kami menilai penerapan HSE bukan sebagai biaya tambahan, tapi merupakan investasi perusahaan dalam memperlancarproses produksi,” ucapnya.

PT Ciputra Residence pun mendapatkan penghargaan bintang empat dalam implementasi safety culture oleh World Safety Organization Indonesia. Penghargaann juga diperoleh Presiden Direktur PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata yang mendapatkan penghargaan CEO Concern Safety Culture.

"Penghargaan yang diperoleh PT Ciputra Residence tidak terlepas dari kerja sama antara karyawan dan kontraktor PT Ciputra Residence dalam menerapkan Health, Safety & Environment secara konsisten," tutur Lalitya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata menuturkan kehadiran direksi dalam HSE award ini membuktikan bahwa sebagai stakeholder industri, kesadaran pentingnya HSE sangat tinggi.

"Aspek HSE sangat penting, guna menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat," ujarnya.

Adapun tujuh kategori HSE Award 2021 antara lain:

1. Most Improved Initial Health, Safety and Environment Scoring for Low Rise Building Contractors

2. Best Initial Health, Safety and Environment Scoring Average for Low Rise Building Contractors

3. Best Improved Health, Safety and Environment Officer for Low Rise Buildings

4. Best Improved Health, Safety and Environment Officer for High Rise Buildings

5. High Rise Building Contractors of Health, Safety and Environment Performance

6. Project Area with Zero Accident

7. Building Contractors with Zero Accident

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper