Normalisasi Sungai Cisadane Selesai Akhir Tahun Ini

Penormalan Sungai Cisadane sepanjang 5 kilometer berada di Kota Tangerang dan 2,50 kilometer di Kota Tangerang Selatan.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 27 Juli 2019  |  07:37 WIB
Normalisasi Sungai Cisadane Selesai Akhir Tahun Ini
Cisadane saat surut - Antara/Lucky R

Bisnis.com, TANGERANG — Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat menargetkan konstruksi normalisasi Sungai Cisadane di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan rampung pada akhir 2019.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah mengatakan bahwa panjang sungai yang dinormalisasi mencapai 7,50 kilometer, terdiri atas 5 kilometer di Kota Tangerang dan 2,50 kilometer di Kota Tangerang Selatan.

"Dengan normalisasi lebar sungai jadi 100 meter di sisi hilir dan 80 meter di daerah perkotaan. Setelah dinormalisasi kami harapkan debit air juga bertambah [karena badan sungai melebar]," jelasnya di Tangerang, Jumat (26/7/2019).

Bambang mengungkpakan bahwa progres konstruksi bisa berjalan mulus karena pembebasan lahan berlangsung cepat.

Oleh karena itu, dia optimistis, pekerjaan normalisasi, antara lain pengerukan dan pembuatan turap beton atau sheetpile bisa selesai pada akhir 2019.

Menurut Bambang, di luar normalisasi pada 7,50 kilometer yang sedang dikerjakan, saat ini sudah ada lahan yang dibebaskan seluas 5 hektare di Kota Tangerang. Namun, normalisasi tidak dilakukan karena belum dianggarkan.

bambang mengusulkan agar normalisasi pada lahan yang sudah dibebaskan bisa dilanjutkan pada 2020.

Berdasarkan data layanan pengadaan secara elektronik atau LPSE, normalisasi Kali Cisadane digarap oleh kontraktor PT Bumi Karsa. Nilai kontrak pekerjaan dengan anggaran tahun jamak ini mencapai Rp252,17 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
normalisasi sungai, sungai cisadane

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top