Hujan Datang, Debit Air Sungai Cisadane Normal Kembali

Sungai Cisadane berperan vital bagi irigasi lahan pertanian dan sumber air baku bagi masyarakat Tangerang.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  06:50 WIB
Hujan Datang, Debit Air Sungai Cisadane Normal Kembali
Sungai Cisadane di Tangerang - skyscrapercity.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melansir debit Sungai Cisadane kembali normal setelah hujan mengguyur Jabodetabek sejak Selasa (8/10/2019). Debit sungai yang menyusut sebelumnya dikhawatirkan mengganggu pasokan air bersih di Tangerang.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah mengatakan bahwa sejak Juli 2019, tinggi muka air di Bendung Pasar Baru Tangerang sudah berada di bawah normal (12,50 meter).

Dia menyebutkan bahwa pada pertengahan Juli, elevasi bendung mencapai 11,30 meter dan terus menurun ke level 11 meter pada pertengahan September 2019.

Kendati demikian, tinggi muka air (TMA) belum melungsur (turun) di bawah level 10 meter atau level siaga.

"Sekarang dengan adanya hujan kemarin, TMA [tinggi muka air] pasti sudah naik," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (9/10/2019).

Sungai Cisadane berperan vital dalam irigasi lahan pertanian dan sumber air baku bagi masyarakat Tangerang. Di Tangerang saja, aliran Sungai Cisadane yang melalui Bendung Pasar Baru Cisadane bisa mengairi lahan pertanian seluas 22.411 hektare, tersebar di lima desa di Kecamatan Mauk, Tangerang.

Untuk mengurangi tingkat kebocoran dari debit sungai yang dibendung, Kementerian PUPR telah memulai perbaikan empat pintu air di Bandung Pasar Baru. Perbaikan diharapkan rampung pada akhir 2019. Sebelumnya, enam pintu air di bendung yang selesai dibangun pada 1930 itu juga sudah diperbaiki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hujan, sungai cisadane

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top