IPC : Arus Barang di Priok Normal Meski Tanah Abang Sempat Lumpuh

PT Pelindo II (Persero) atau IPC menyatakan arus keluar masuk barang di Pelabuhan Tanjung Priok normal meskipun aktivitas logistik di sekitar Tanah Abang lumpuh.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  09:31 WIB
IPC : Arus Barang di Priok Normal Meski Tanah Abang Sempat Lumpuh
Ilustrasi - Aktivitas logistik di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelindo II (Persero) atau IPC menyatakan arus keluar masuk barang di Pelabuhan Tanjung Priok normal meskipun aktivitas logistik di sekitar Tanah Abang sempat lumpuh dan sejumlah jalan protokol di Ibukota ditutup akibat aksi massa 22 mei.


Direktur Operasi IPC Prasetyadi mengatakan, kegiatan bongkar muat di terminal kontainer berjalan seperti biasa. Pasalnya, kargo ekspor dan impor selama ini banyak disuplai atau menyuplai langsung pabrikan yang ada di luar Jakarta. Ekspor garmen misalnya, disuplai langsung dari pabrik-pabrik di Cirebon, Tangerang, dan Bandung. 


"Kalau Tanah Abang itu kan hasil akhir. Yang terpengaruh mungkin retailnya, dari pabrik ke Tanah Abang. Ke pelabuhannya enggak ada [pengaruh]. Priok tetap nyaman dan aman," ujarnya saat dihubungi, Rabu (22/5/2019). 


Untuk kegiatan ekspedisi antarpulau pun, yang biasanya dimanfaatkan untuk mengirim barang dari Tanah Abang, Prasetyadi melihat belum ada imbas. "Baru satu hari, belum kelihatan."


Direktur Utama PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Imanuddin menyatakan, kegiatan bongkar muat nonpeti kemas berlangsung normal hari ini meskipun Tanjung Priok terlihat agak sepi. "Yang sepi itu angkutan darat dibandingkan hari-hari kemarin. Kalau di dermaga, terlihat normal," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo ii, tanah abang, Aksi 22 Mei

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top