Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kerja Sama Multilateral Cegah Perlambatan Ekonomi Global

Kerjasama multilateral dinilai menjadi salah satu solusi terbaik untuk meminimalisasi risiko perlambatan ekonomi global karena perang dagang.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  15:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kerjasama multilateral dinilai menjadi salah satu solusi terbaik untuk meminimalisasi risiko perlambatan ekonomi global karena perang dagang.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada Maret lalu. Tak cukup sampai di situ, kali ini organisasi tersebut kembali merevisi perkiraan global menjadi 3,2 persen dari sebelumnya 3,3 persen.

"Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghidupkan kembali diskusi perdagangan multilateral," tulisnya seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (22/5/2019).

OECD juga memperingatkan bahwa kebijakan-kebijakan yang dilangsungkan sepanjang bulan ini dapat menggandakan dampak dari kenaikan tarif impor AS-China dan memberikan efek riak ke seluruh dunia.

Selain perdagangan, China juga menghadapi kesulitan domestik yang bisa berdampak secara global.

Meskipun ada tanda-tanda stabilisasi, OECD mengatakan ada risiko bahwa stimulus kebijakan pemerintahan Xi Jinping terbukti tidak cukup, justru memicu perlambatan permintaan domestik.

"[Dampak] spillover akan menjadi lebih besar jika bank sentral masih memiliki sedikit margin untuk bereaksi," tulis OECD.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi global china amerika serikat oecd perang dagang AS vs China
Editor : Tegar Arief
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top