Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Renovasi Bandara Pattimura Ambon Diklaim Sudah Separuh Jalan

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Pattimura Ambon Amirudin Florensius menyatakan proses renovasi Bandara Pattimura mencapai 50 persen.
Bandara Pattimura di Ambon/pattimura-airport.co.id
Bandara Pattimura di Ambon/pattimura-airport.co.id

Bisnis.com, AMBON - General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Pattimura Ambon Amirudin Florensius menyatakan proses renovasi Bandara Pattimura mencapai 50 persen.

"Progres pembangunan bandara saat ini mencapai 50 persen, kita targetkan tahun 2019 akan rampung," katanya di Ambon, Rabu (20/3/2019).

Menurut dia, secara resmi pekerjaan pengembangan telah dimulai sejak dilakukan pertemuan antara PT Angkasa Pura I (Persero) dengan kontraktor tanggal 3 Oktober 2018.

Pelaksana pekerjaan beautifikasi dan perluasan gedung terminal Bandar Udara Internasional Pattimura ini adalah dua kontraktor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Yodya Karya (Persero) dan PT Amarta Karya (Persero).

Amiruddin mengatakan selain mempercantik fisik bangunan terminal, pekerjaan beautifikasi dan perluasan terminal ini nantinya bisa memberi dampak antara lain kepada kapasitas gedung terminal dari 800.000 penumpang per tahun menjadi 1.500.000 penumpang per tahun.

Luas bangunan terminal semula sekitar 10.000 m2 akan menjadi kurang lebih 16.000 meter2, selain itu penambahan 60 ruang usaha baru menjadi 90 ruang usaha, dan penambahan satu ruang tunggu atau gate yang dilengkapi garbarata.

"Faade atau tampilan muka gedung terminal Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon juga akan mengalami perubahan dengan tampilan yang lebih modern namun mempertahankan karakteristik arsitektur Maluku dipadukan aksen kaca dan tiang penyangga." ujarnya.

Konsep yang diusung untuk terminal kedatangan sendiri adalah pujasera atau pusat perbelanjaan didukung oleh tambahan ruang usaha.

Beautifikasi dan perluasan terminal lanjutnya, merupakan wujud upaya terus menerus untuk memberi yang terbaik bagi Indonesia dan khususnya bagi masyarakat Provinsi Maluku.

Dia menambahkan bahwa melalui beautifikasi dan perluasan Bandara pihaknya ingin mempertegas bahwa Bandar Udara Internasional Pattimura merupakan leisure airport atau bandara wisata.

"Status internasional yang melekat pada Bandara juga ingin kami tonjolkan. Saat ini dari sisi fasilitas kami sudah penuhi standar minimal untuk predikat internasional, sekarang dari sisi tampilan dan infrastruktur pelayanan juga akan kami buat semakin representatif untuk menyandang predikat tersebut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper