Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasang Kamera Kecepatan di Tol, Waskita Tunggu Kemenhub

PT Waskita Toll Road (WTR) menyatakan siap untuk memasang kamera pengawas kecepatan atau speed camera di sejumlah ruas tol di koridor Trans Jawa guna memitigasi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan tol.
ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya
ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Waskita Toll Road (WTR) menyatakan siap untuk memasang kamera pengawas kecepatan atau speed camera di sejumlah ruas tol di koridor Trans Jawa guna memitigasi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan tol.

Direktur Utama WTR, Herwidiakto mengatakan saat ini sejumlah ruas tol yang dikelola perseroan sudah memiliki peralatan standar untuk mencegah kecelakaan, mulai dari variable message sign hingga pita penggaduh atau rumble strip.

"Pada prinsipnya selagi untuk penyempurnaan operasi tol, kami oke. Tapi sejauh ini belum ada sosialisasi dari Kemenhub," jelasnya kepada Bisnis.com, Senin (11/3/2019).

Sebagaimana diketahui, WTR mengelola sejumlah ruas di koridor Trans Jawa, antara lain Kanci - Pejagan, Pejagan - Pemalang, Pemalang - Batang, dan Pasuruan - Probolinggo. WTR juga berpartisipasi di ruas Solo - Ngawi dan Ngawi - Kertosono dengan porsi kepemilikan saham minoritas.

Menurut Herwidiakto, selain penggunaan teknologi, pihaknya juga menunggu mekanisme penindakan yang tepat dari Kementerian Perhubungan maupun Kepolisian terhadap pengguna kendaraan yang melanggar batas kecepatan. Dia menekankan, faktor manusia juga amat penting dalam upaya mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan tol.

Perlu diketahui, rencana penambahan kamera pemantau kecepatan atau speed camera diminta oleh Kementerian Perhubungan. Direktur Prasarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, M. Risal Wasal mengatakan speed camera berfungsi untuk memetakan black spot atau lokasi rawan kecelakaan. Dalam catatan Bisnis.com, sejumlah ruas tol sudah menggunakan teknologi speed gun maupun kamera pemantau (CCTV) untuk memantau operasional jalan tol.

"Pelanggar yang tertangkap oleh  speed camera akan ditindak oleh polisi di pintu akhir, sehingga tidak diberhentikan di tengah perjalanan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper