Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bahas Kenaikan HPP Gula, Jokowi Bentuk Tim Independen

Presiden Joko Widodo berencana membentuk tim independen untuk memutuskan harga kenaikan Harga Patokan Petani (HPP) gula.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  07:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo berencana membentuk tim independen untuk memutuskan harga kenaikan Harga Patokan Petani (HPP) gula.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan tim independen tersebut akan terdiri dari akademisi, peneliti, dan petani gula.

"Intinya bagaimana kita membuat petani untung tapi konsumen tidak terbebani," ujarnya di Istana Negara seusai mendampingi Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Selasa (5/3/2019).

Meskipun mengaku telah membahas beberapa langkah yang akan dilakukan untuk menyeimbangkan kepentingan konsumen dengan petani tebu, Amran enggan menyebutkan usulan kenaikan HPP gula.

"Tunggu tanggal mainnya. Kita akan sampaikan pada waktu yang tepat," ujarnya.

Pembahasan tersebut diakuinya akan mulai di bahas pada Maret tahun ini. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga berjanji untuk menaikkan HPP gula dari harga saat ini Rp9.700/kg.

"Intinya semangatnya kita naikan berapanya belum diputuskan. Harga minta naik ke Rp10.500," tukasnya ketika menemui para petani tebu di Istana Merdeka, Rabu (6/2/2019).

Adapun, HPP gula saat ini senilai Rp9.700/kg yang ditetapkan melalui Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan No. 885/M-DAG/SD/8/2017 Tentang Pembelian dan Penjualan Gula oleh Bulog.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hpp gula
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top