Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahas Kenaikan HPP Gula, Jokowi Bentuk Tim Independen

Presiden Joko Widodo berencana membentuk tim independen untuk memutuskan harga kenaikan Harga Patokan Petani (HPP) gula.

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo berencana membentuk tim independen untuk memutuskan harga kenaikan Harga Patokan Petani (HPP) gula.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan tim independen tersebut akan terdiri dari akademisi, peneliti, dan petani gula.

"Intinya bagaimana kita membuat petani untung tapi konsumen tidak terbebani," ujarnya di Istana Negara seusai mendampingi Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Selasa (5/3/2019).

Meskipun mengaku telah membahas beberapa langkah yang akan dilakukan untuk menyeimbangkan kepentingan konsumen dengan petani tebu, Amran enggan menyebutkan usulan kenaikan HPP gula.

"Tunggu tanggal mainnya. Kita akan sampaikan pada waktu yang tepat," ujarnya.

Pembahasan tersebut diakuinya akan mulai di bahas pada Maret tahun ini. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga berjanji untuk menaikkan HPP gula dari harga saat ini Rp9.700/kg.

"Intinya semangatnya kita naikan berapanya belum diputuskan. Harga minta naik ke Rp10.500," tukasnya ketika menemui para petani tebu di Istana Merdeka, Rabu (6/2/2019).

Adapun, HPP gula saat ini senilai Rp9.700/kg yang ditetapkan melalui Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan No. 885/M-DAG/SD/8/2017 Tentang Pembelian dan Penjualan Gula oleh Bulog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper