Inilah 5 Provinsi Dengan Suku Bunga KPR Tertinggi

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia mengindikasikan perbankan di sejumlah provinsi menetapkan suku bunga KPR cukup tinggi. Bagaimana dengan Jakarta?
M. Rochmad Purboyo
M. Rochmad Purboyo - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  10:31 WIB
Inilah 5 Provinsi Dengan Suku Bunga KPR Tertinggi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia baru-baru ini mengindikasikan masih adanya perlambatan kenaikan harga properti residensial nasional di pasar primer.

Hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan IV/2018 yang tumbuh sebesar 0,35% secara kuartalan (qtq), melambat dibandingkan dengan IHPR pada triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 0,42% (qtq). Perlambatan kenaikan harga properti residensial tersebut bersumber terutama dari rumah tipe kecil.

Dari survei tersebut, juga menunjukkan bahwa beban konsumen akan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) ternyata berbeda-beda di tiap provinsi.

Berikut lima provinsi yang masyarakatnya terbebani rata-rata suku bunga KPR berdasarkan lokasi proyek tertinggi hasil survei Bank Indonesia periode Desember 2018.

  1. Bengkulu

Provinsi di Sumatra ini ternyata paling tinggi rata-rata suku bunganya pada Desember 2018, yaitu sebesar 15,03% per tahun. Adapun rata-rata bunga KPR pada bulan September 2018 sebesar 14,48%.

  1. Gorontalo

Warga Provinsi di Sulawesi ini terkena rata-rata suku bunga KPR berdasarkan lokasi proyek sebesar 13,25% per tahun untuk bulan Desember, atau naik dari September yang sebesar 13,17%.

  1. Sulbar

Provinsi ini terkena rata-rata suku bunga pinjaman KPR sebesar 13,09% pada Desember atau naik dari September yang sebesar 11,90%.

  1. Papua Barat

Provinsi ini warganya terkena suku bunga KPR rata-rata sebesar 12,76% pada Desember, hanya naik tipis 0,01% dari September 2018 yang sebesar 12,75%

  1. Lampung

Provinsi di Sumatra ini terkena rata-rata suku bunga 12,72% pada Desember 2019 dan sebesar 12,54% pada September.

Dan, Provinsi manakah yang beruntung dengan suku bunga pinjaman paling rendah? Ternyata Daerah Istimewa Yogyakarta yang hanya terbebani suku bunga KPR sebesar 9,16% pada Desember dan 8,82% pada September.

Bagaimana dengan provinsi Ibu Kota Jakarta? Nasib warganya ternyata cukup baik karena suku bunga KPRnya rata-rata sebesar 9,49% pada Desember dan 9,60% pada September.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bunga kpr

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top