Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembang Antisipasi Skema Pembiayaan Yang Kian Beragam

Banyaknya skema yang diluncurkan baik dari pemerintah maupun perbankan untuk membantu pembiayaan perumahan direspons positif oleh pengembang.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 29 Januari 2019  |  15:33 WIB
Pembangunan perumahan bersubsidi di kawasan Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pembangunan perumahan bersubsidi di kawasan Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – Banyaknya skema yang diluncurkan baik dari pemerintah maupun perbankan untuk membantu pembiayaan perumahan direspons positif oleh pengembang.

Direktur Keuangan Metropolitan Land Olivia Surodjo mengatakan bahwa secara keseluruhan skema pembiayaan yang ada, baik dari pemerintah maupun perbankan, bisa membantu memacu pembangunan rumah terutama bagi MBR.

“Dengan banyaknya skema itu kan lebih ke arah memberikan kemudahan pembayaran ya. Secara konsep produk-produk kami punya rentang harga yang cocok untuk kebanyakan pembeli rumah, teruata milenial usia 25-40 tahun,” ungkapnya kepada Bisnis belum lama ini.

Vice President Director at Metropolitan Kentjana Tbk. Jeffry Tanudjaja berpendapat serupa. Banyaknya skema pembiayaan menurut dia bisa memacu pembelian karena pembeli punya banyak alternatif agar biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki hunian makin terjangkau.

“Pembeli kan jadi punya banyak alternatif, supaya cost and fund lebih murah, fleksibel dan tenornya lebih panjang,” ungkapnya.

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengeluarkan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM).

Selain itu, 2019 ini pemerintah juga tengah menyiapkan skema baru seperti Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bekerja secara informal dan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Adapun, sejumlah bank juga sudah mengeluarkan skema KPR dan ada pula yang terkini dikhususkan untuk para milenial agar lebih tertarik memiliki hunian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan perumahan
Editor : M. Rochmad Purboyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top