Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mulai Natal, Tol Merak-Pasuruan Sudah Bisa Dilalui

Jalan tol Trans-Jawa mulai dari Merak di Banten hingga Pasuruan di Jawa Timur sepanjang 901 kilometer sudah dapat dilewati saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 18 Desember 2018  |  17:41 WIB
Tol Solo/Semarang
Tol Solo/Semarang

Bisnis.com, JAKARTA — Jalan tol Trans-Jawa mulai dari Merak di Banten hingga Pasuruan di Jawa Timur sepanjang 901 kilometer sudah dapat dilewati saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Subakti Syukur mengatakan bahwa pengguna jalan tol dapat menjajal ruas Trans-Jawa pada 20 Desember nanti bertepatan dengan rencana peresmian operasional lima ruas tol Trans-Jawa oleh Presiden Joko Widodo.

Kelima ruas tol yang akan melengkapi tersambungnya jaringan tol Trans-Jawa pada tahun ini yakni Pemalang—Batang 33,2 km, Batang—Semarang 75 km, Semarang—Solo segmen Salatiga—Kertasura 32,54 km, Ngawi—Kertosono segmen Wilangan—Kertosono sepanjang 37 km, dan Gempol--Pasuruan segmen Pasuruan--Grati sepanjang 13,6 km.

"Rencananya Presiden akan meresmikan pada tanggal 20 Desember. Setelah diresmikan, akan kami buka untuk bisa dilewati pada malamnya," kata Subakti dalam konferensi pers Rencana Operasi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Selasa (18/12/2018).

Subakti memastikan bahwa operasional lima ruas tol tersebut masih gratis sembari menunggu Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang Tarif Tol.

Selain ruas itu, tuturnya, dua ruas tol non-Trans Jawa, yakni Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi segmen Sei Rampah—Tebing Tinggi sepanjang 7,65 km dan Manado--Bitung segmen Sukur-- Danuwudu sepanjang 16 km juga akan bisa dilewati fungsional oleh pengguna jalan pada operasi Natal dan Tahun Barau (Nataru) tahun ini.

Beberapa persiapan yang dilakukan JSMR untuk melancarkan operasi Nataru pada tahun ini yaitu dengan penambahan gardu operasi, optimalisasi pelayanan lalu lintas, serta tempat istrirahat (rest area) dan pelayanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga trans-jawa Natal dan Tahun Baru
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top