Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REI Siapkan Kota Baru Setelah Maja

Asosiasi pengembang perumahan Real Estate Indonesia (REI) mengkaji beberapa lokasi untuk memperluas jaringan kota mandiri atau kota baru di seluruh Indonesia sesuai dengan klaster ekonomi lokal atau economy base-nya.
Citra Maja Raya/citramaja.com
Citra Maja Raya/citramaja.com

Bisnis.com, MAJA – Asosiasi pengembang perumahan Real Estate Indonesia (REI) mengkaji beberapa lokasi untuk memperluas jaringan kota mandiri atau kota baru di seluruh Indonesia sesuai dengan klaster ekonomi lokal atau economy base-nya.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengatakan saat ini pengembang memang tengah fokus mendukung program penyediaan satu juta rumah dari pemerintah. Oleh sebab itu, REI tidak ingin memberikan informasi terlalu detail terkait sasaran baru lokasi kota baru. Alasannya, agar mencegah permainan dari spekulan tanah di daerah tersebut.

"Kita akan membuat riset kota baru lain di luar Maja yang bisa diinisiasi kalau memang memenuhi kriteria. Nanti kita usulkan jadi kota baru yang menjadi sinergi lagi adalah swasta dan pemerintah," tutur Soelaeman di Citra Maja Raya, Kamis (25/1).

Soelaeman menyebut program ini membuat pengembang fokus membangun rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Soelaeman memberitahu bahwa kriteria penting kota baru adalah ketersediaan akses langsung dari lokasi wilayah itu dengan kota yang sudah ada.

Selain itu, adanya jaminan infrastruktur dan sektor ekonomi lokal yang khas dan menjadi basis pertumbuhan di lokasi yang bersangkutan. "Leadingnya REI sekarang pengembangan kota baru. Padahal ada banyak kompetensi bisnis REI yang juga bisa dijalankan," papar Soelaeman.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, selain Maja ada sembilan kota yang akan dikembangkan sebagai kota baru, di antaranya di Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, dan Banjarbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper