Kapal Navigasi Bacan Siap Beroperasi di Ambon

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap mengoperasikan kapal negara Kelas I Kenavigasian KN. Bacan di distrik navigasi Ambon. Kapal seharga Rp122,97 miliar itu telah rampung dibuat oleh galangan PT Orela Shipyard, Gresik.
Rivki Maulana | 16 November 2017 14:24 WIB
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap mengoperasikan kapal negara Kelas I Kenavigasian KN. Bacan di distrik navigasi Ambon. Kapal seharga Rp122,97 miliar itu telah rampung dibuat oleh galangan PT Orela Shipyard, Gresik.

Direktur Kenavigasian, I Nyoman Sukayadnya mengatakan KN. Bacan telah diserahkan ke pihak Kemenhub pada 14 November 2017 lalu. Setelah diterima dari pihak galangan, KN. Bacan akan bertugas membantu dan menjaga keselamatan pelayaran, khususnya mendukung fungsi kenavigasian di laut.

"KN. Bacan siap beroperasi dan melengkapi armada kapal kenavigasian yang sudah ada. Kapal ini akan dioperasikan oleh Distrik Navigasi Kelas I Ambon," kata Nyoman dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com, Kamis (16/11/2017).

Untuk diketahui, KN. pihak galangan menerima kontrak pembangunan kapal senilai Rp122,97 miliar pada 23 Desember 2015. Pembangunan kapal diawali peletakan lunas kapal atau keel laying pada 2 April 2016 dan diluncurkan pada 27 September 2017.

KN. Bacan memiliki panjang 60 meter dan lebar 12 meter. Kapal ini bisa berlayar dengan daya jelahan 4.000 mil laut.

Sebelumnya, Direktur Kenavigasian juga meresmikan pengoperasian kapal negara kenavigasian KN. Sibaru-baru di Teluk Bayur Padang (8/11) untuk memperkuat armada kapal kenavigasian serta mendukung tugas kenavigasian di wilayah Teluk Bayur dan sekitarnya.

 

Tag : kapal, kemenhub
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top