Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol Trans-Jawa Hingga Semarang Berikan Banyak Pilihan Pemudik

Perpanjangan jalan tol Trans-Jawa hingga ke Semarang, Jawa Tengah, dinilai dapat memberikan pilihan masyarakat ketika memasuki masa mudik lebaran.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 09 Januari 2017  |  20:08 WIB
Kendaraan melintas di gerbang tol Palimanan. - Ilustrasi/Antara
Kendaraan melintas di gerbang tol Palimanan. - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perpanjangan jalan tol Trans-Jawa hingga ke Semarang, Jawa Tengah, dinilai dapat memberikan pilihan masyarakat ketika memasuki masa mudik lebaran.

Akademisi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan perpanjangan jalan tol trans jawa tersebut dapat menjadi alternatif apabila kondisi jalur pantura mengalami kemacetan.

Dia menilai perpanjangan jalur tol trans jawa hingga Semarang dapat menampung sebagian dari jumlah kendaraan yang akan melakukan mudik lebaran pada 2017 apabila sudah terbangun secara keseluruhan. “Ada jalur alternatif jika pantura macet,” kata Djoko, Jakarta, Senin (9/1/2017).

Selain memperbaiki tol antarkota, dia mengatakan perlu ada perbaikan transportasi umum orang antarkota dan perkotaan. Dia mengungkapkan saat ini belum terdapat keseriusan dalam membenahi transportasi umum.

Oleh karena itu, paparnya tidak terdapat banyak perubahan. Dia mengatakan, hanya sedikit pemerintah daerah yang serius dalam memperbaiki transportasi umum. “[Transportasi umum di daerah] Sudah ada walau asal ada. Tapi, belum terintegrasi,” katanya.

Sebelumnya, dalam situs Sekretariat Kabinet, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ketiga ruas jalan yang yang secara fungsional bisa dilalui pemudik pada Juni mendatang adalah Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi jalan tol trans-jawa
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top