Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK PROPERTI: 5 Siasat Agar Ruang Tamu Kecil Tampak Luas

Jika dibandingkan dengan ruangan lainnya di rumah, ruang tamu cenderung memiliki ukuran luas yang kecil. Itu sebabnya, dalam mendesain area ini dibutuhkan trik-trik yang dapat menciptakan kesan luas pada ruangan.
Jika Anda membuka keduanya dengan lebar, pandangan mata pun tidak akan terhalangi oleh dinding. /Urbanindo
Jika Anda membuka keduanya dengan lebar, pandangan mata pun tidak akan terhalangi oleh dinding. /Urbanindo

Bisnis.com, JAKARTA - Jika dibandingkan dengan ruangan lainnya di rumah, ruang tamu cenderung memiliki ukuran luas yang kecil. Itu sebabnya, dalam mendesain area ini dibutuhkan trik-trik yang dapat menciptakan kesan luas pada ruangan.

Ini dia beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menyiasati ruang tamu agar tampak lebih luas.

  • Hilangkan Sekat

Kehadiran dinding atau sekat pembatas membuat ruang tamu akan tampak serta terasa lebih sempit. Sebaiknya, minimalisir kehadirannya atau bahkan hilangkan dinding yang memisahkan ruang ini dengan area lainnya.

Jika Anda ingin tetap ada pembatas pada ruang tamu, gunakanlah sekat dengan tinggi yang tak menjulang. Pilih pula jenis sekat yang memiliki kisi-kisi atau bolongan, sehingga ruang tamu tetap tampak luas. Cara lainnya bisa juga dengan menggunakan lemari kecil sebagai partisi.

  • Warna Cerah

Cat dinding dengan spektrum cerah dapat memberikan ilusi seolah-olah ruang tamu yang Anda miliki terasa luas. Oleh sebab itu, pulaskanlah warna-warna seperti putih, kuning muda, biru muda, atau abu-abu muda.

Jika dirasa terlalu polos, berikanlah aksen dinding berupa wallpaper atau wallsticker. Pilih motif abstrak yang tidak terlalu ramai lalu tempelkan pada bagian dinding tertentu. Motif garis-garis yang besar dan melebar bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik.

  • Tempatkan Cermin

Tidak hanya warna cat, menempatkan cermin besar pun dapat memanipulasi penampakan ruang tamu menjadi lebih luas. Sebuah cermin dapat membuat refleksi, sehingga ruangan seakan-akan terlihat luas.

Letakkan cermin dengan tepat untuk mendapatkan kesan yang luas. Pilih dinding bagian tengah atau pada tempat yang arahnya berlawanan dengan sofa dapat membantu untuk menciptakan tampilan luas.

  • Rapatkan ke Dinding

Geser seluruh furnitur pada ruang tamu, sehingga posisinya merapat ke dinding. Cara ini dapat menciptakan area tengah ruang tamu yang lebih luas, sehingga sempit pun tidak akan terasa lagi.

Pilih pula perabotan seperti sofa, coffe table, serta dekorasi yang memiliki bentuk kotak yang simpel. Menempelkan barang ke dinding atau sudut ruangan pun membuat lebih efisien karena tidak akan ada ruangan yang tersisa.

  • Pintu dan Jendela Besar

Siap-siap, karena cara yang satu ini akan sedikit membuat kantong Anda bolong.

Pintu serta jendela yang ada di rumah biasanya memiliki ukuran yang standar. Sayangnya hal itu merupakan salah satu yang membuat ruang tamu menjadi sempit.

Coba lakukan renovasi dengan mengganti ukuran pintu serta jendela yang lebih besar. Jika Anda membuka keduanya dengan lebar, pandangan mata pun tidak akan terhalangi oleh dinding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : UrbanIndo.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper