Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kendati Muatan Kosong, Kapal Sapi Jokowi Siap Kembali Diberangkatkan

Kementerian Perhubungan, PT Pelni, dan Kementerian Pertanian telah menandatangani kesepakatan untuk kembali mengoperasikan Kapal Ternak Camara Nusantara 1 pada 2 Februari mendatang.
Kapal Ternak Camara Nusantara I/Ilustrasi
Kapal Ternak Camara Nusantara I/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan, PT Pelni, dan Kementerian Pertanian telah menandatangani kesepakatan untuk kembali mengoperasikan Kapal Ternak Camara Nusantara 1 pada 2 Februari mendatang.

Dari keterangan tertulis yang dipublikasikan Kementerian Pertanian, Kamis (21/1/2016) kapal tersebut akan berlayar pada 16 Februari dan 1 Maret 2016. Kementerian Pertanian telah menyosialisasikan jadwal tersebut kepada dinas yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan yang berada pada rute pelayaran, serta kepada BUMN/BUMD.

Kendati demikian, Kementan tidak menjelaskan secara spesifik berapa sapi yang siap diangkut dari Nusa Tenggara Timur. Adapun, rutenya yaitu Pelabuhan Tenau Kupang -Waingapu-Lembar-Bima-Tanjung Perak-Tanjung Emas-Cirebon (PP).

Untuk pelayaran pertama pada 2016 ini, arus balik kapal khusus ternak diharapkan dimanfaatkan untuk mengangkut bahan pakan dan pakan ternak, baik  untuk kebutuhan ternak di kapal selama perjalanan maupun dalam menunjang ketersediaan pakan di daerah sentra sapi potong.

Arus balik kapal khusus ternak diharapkan dimanfaatkan untuk mengangkut bahan pakan dan pakan ternak, baik  untuk kebutuhan ternak di kapal selama perjalanan maupun dalam menunjang ketersediaan pakan di daerah sentra sapi potong.

Kapal pengangkut sapi yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo itu beberapa kali kosong atau tidak ada muatan, karena peternak dari daerah NTT enggan menjual sapinya. Harga sapi dinilai terlalu murah dibandingkan dijual ke pasar lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper